[Masalah Berat Badan]
anonim
Asupan nutrisi seperti apa yang bagus untuk dikonsumsi bagi penderita obesitas?
16:18 09/12/2021
Ema Oktavianty  ahligizi
Halo kak, terima kasih telah bertanya melalui aplikasi dietducate 😊 Bagi penderita obesitas dapat dilakukan diet energi rendah dengan tujuan mencapai status gizi yg sesuai/mencapai IMT normal dengan cara mengurangi asupan energi. Adapun bahan makanan yang dianjurkan yaitu : 1. Karbohidrat : sumber karbo kompleks seperti nasi jagung, ubi, singkong, talas, kentang, sereal. 2. Protein hewani : daging tidak berlemak, ayam tanpa kulit, ikan, telur. Yang tidak dianjurkan daging berlemak, daging yg diolah dengan santan kental, jeroan, serta yg diolah dengan cara di goreng. 3. Protein nabati : tahu, tempe, kacang-kacangan yg diolah tanpa digoreng atau dengan santan kental. 4. Sayuran : sayuran yg banyak mengandung serat dan diolah tanpa santan kental. 5. Buah-buahan : Semua macam buah-buahan terutama yg banyak mengandung serat. Tidak dianjurkan utk mengkonsumsi manisan atau buah-buahan yg diolah dengan gula, susu full cream, maupun SKM. 6. Sumber lemak : minyak tak jenuh tunggal seperti minyak kelapa sawit, minyak kedelai, minyak jagung dan tidak digunakan untuk menggoreng. Semoga membantu kak 😊
07:34 15/12/2021