[Lainnya......]
anonim
Pengaturan makan pada penderita liver
16:45 20/12/2021
Hallo kak, terima kasih telah bertanya melalui aplikasi dietducate 😊
Tujuan diberikan diet pd penderita liver diantaranya mencapai dan mempertahankan status gizi optimal tanpa memberatkan fungsi hati.
Pembagian waktu makan bisa dibagi menjadi makan pagi, selingan pagi, makan siang, selingan sore & makan malam.
Dengan syarat :
Energi tinggi, lemak cukup, protein agak tinggi, vitamin & mineral diberikan sesuai dengan tingkat defisiensi, rendah natrium, bentuk makanan sesuai dengan kemampuan saluran cerna.
Adapun bahan makanan yg dibatasi yaitu : dari sumber lemak, yaitu semua bahan makanan dan daging yang banyak mengandung lemak dan santan serta bahan makanan yg menimbulkan gas seperti ubi, kacang merah, kol, Sawi, lobak, durian & nangka.
Sedangkan bahan makanan yg tidak dianjurkan diantaranya yg mengandung alkohol, teh atau kopi yg kental.
Semoga membantu kak 😊
19:33 21/12/2021