[Lainnya......]
anonim
Masalah susahnya menaikan berat badan
16:22 24/12/2021
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hallo Kak,,, Terimakasih Sudah Bertanya Di Dietducate: _Berat badan susah naik bisa disebabkan oleh berbagai penyebab, mulai dari penyebab sederhana seperti asupan makan yang kurang, faktor genetik, hingga masalah kesehatan yang mendasari. _Cara Sehat Menambah Berat Badan > Cara menambah berat badan paling baik adalah dengan mengatasi penyakit atau kondisi yang menjadi penyebab berkurangnya berat badan. Bila kondisi tersebut bisa diatasi, berat badan pun akan bertambah. 1. Pilih makanan sehat yang kaya akan Gizi >Untuk menambah berat badan, Anda tidak diwajibkan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori, makanan cepat saji, makanan berlemak, dan makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi. Agar bisa menambah berat badan dengan lebih sehat, Anda tetap perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, misalnya buah dan sayuran, kacang-kacangan, daging tanpa kulit atau lemak, tahu, tempe, telur, dan ikan. 2. Makan lebih sering dengan porsi kecil > Seseorang yang kekurangan berat badan sering merasa cepat kenyang. Daripada makan 2–3 kali sehari dalam porsi besar, lebih baik makan dalam porsi lebih kecil tetapi sering. 3. Konsumsi minuman padat kalori dan Gizi > Tak hanya dari makanan, asupan nutrisi juga dapat diperoleh dari minuman padat kalori, seperti smoothies, susu, yoghurt, dan jus segar di sela waktu makan. Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, Anda pun dapat terhindar dari dehidrasi. 4. Pilih camilan sehat > Camilan bisa menjadi sumber kalori tambahan yang dapat membantu Anda menambah berat badan. Namun, Anda disarankan untuk memilih camilan sehat yang kaya Gizi, seperti yoghurt, cokelat hitam, buah-buahan, atau roti gandum. Hindari konsumsi camilan tidak sehat, seperti gorengan, karena makanan tersebut mengandung minyak dan kolesterol tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan, makanan tidak sehat ini bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, hingga kanker. 5. Tambah asupan kalori > Untuk menambah berat badan, Anda perlu tambahan asupan kalori dalam menu makan sehari-hari. Pilihlah sumber kalori tambahan yang sehat, misalnya dengan taburan keju parut pada roti, mentega pada tumisan, atau krim dan susu pada sup. Meski demikian, Anda perlu berhati-hati dalam memilih makanan penambah kalori agar tidak mengakibatkan kelebihan gula darah, garam, dan kolesterol, yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. 6. Rutin berolahraga > Olahraga secara rutin tidak hanya dilakukan untuk menurunkan berat badan, tetapi juga menambah berat badan. Dengan rutin berolahraga, tubuh akan membentuk lebih banyak jaringan otot dan memangkas kelebihan lemak. Jika diikuti dengan pola makan sehat, rutin berolahraga bisa membantu Anda mencapai berat badan yang lebih ideal. Selain itu, olahraga juga bisa menambah nafsu makan, sehingga asupan Gizi dan kalori bisa meningkat. Semoga Membantu 🙂
06:51 25/12/2021
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Jika masih ada yg mau ditanyakan silahkan chat dikom chat ya Kak...
06:40 25/12/2021