[ASI & Menyusui]
Siti Sarah
Izin bertanya cara mengatasi ASI tidak lancar/ASI sedikit bagaimana ?
19:51 28/12/2021
Hallo Bunda,,, Terimakasih Sudah Bertanya Di Dietducate:
_Berikut ini adalah beberapa hal atau kondisi yang bisa menjadi penyebab ASI berkurang:
Teknik menyusui yang kurang tepat, misalnya kesalahan dalam pelekatan mulut bayi ke puting
Terlalu lama menunda untuk mulai menyusui
Efek samping obat-obatan tertentu, misalnya obat pilek atau KB hormonal
Jarang menyusui setelah melahirkan
Kondisi atau penyakit tertentu, seperti diabetes, anemia, kurang gizi, dan gangguan hormon, seperti hipotiroidisme
Riwayat operasi payudara
Bayi lahir prematur atau mengalami tongue-tie
Perdarahan pascamelahirkan
Gangguan psikologis, seperti stres berat dan depresi pasca melahirkan
Kurangnya asupan ASI pada bayi dapat membuat berat badannya sulit bertambah. Hal ini tentu akan memengaruhi tumbuh kembang bayi. Bayi yang mendapatkan cukup ASI umumnya akan tampak aktif, sehat, dan mengalami peningkatan berat badan yang normal sesuai usianya.
Jika Si Kecil tampak lemas, kurang mau menyusu, dan berat badannya tidak bertambah, Bunda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter anak.
_Berikut ini adalah cara-cara meningkatkan produksi ASI yang bisa Bunda coba:
Susui Si Kecil sesaat setelah melahirkan dan hindari menunda-nunda waktu menyusui.
Berikan ASI kepada Si Kecil setidaknya setiap 2–3 jam atau 8–12 kali dalam sehari.
Pastikan mulut Si Kecil sudah melekat sempurna pada puting saat memberikan ASI.
Hindari penggunaan dot atau empeng.
Pompa ASI secara rutin dan simpan stok ASI di dalam lemari es.
Hindari konsumsi minuman beralkohol dan merokok setelah melahirkan.
Cobalah metode kanguru saat memberikan ASI kepada Si Kecil.
Hal ini sangat penting untuk memastikan bayi bisa mendapatkan manfaat ASI secara optimal sesuai kebutuhan.
Semoga Membantu 🙂
05:00 29/12/2021