[Masalah Berat Badan]
sista fevi
Dok bb sy 78kg tb sy 163cm sy kesulitan menurunkan bb sy wlpun sudah mengurangi makan. Dan badan sy terasa pegal2 sakit setiap harinya. Olahraga saya cuma sebatas jalan kaki karena syaraf kejepit di lumbal 4 dan 5. Apa yg harus sy lakukan ya?
22:37 28/12/2021
sista fevi
Oh iya sy perempuan umur 30th bkrja dkantor yg kbykn duduk, untuk olhraga kl ada waktu senggang sj
22:48 28/12/2021
Mirna Rahmasari, S.Gz ahligizi
Halo kak Sista Fevi, terima kasih atas pertanyaannya. Untuk tinggi badan 163 cm, berat badan ideal kak Sista adalah 57,79 kg dengan rentang 49,16-66,43 kg. Untuk Indeks Massa Tubuh (IMT) kak Sista adalah 29,36 kg/m2 dengan status gizi kelebihan berat badan berat (menurut standar Kemenkes). Unruk diet, kak Sista bisa mulai dari mengurangi 300-500 kalori dari kebutuhan kalori harian. Untuk kebutuhan kalori kak Sista dalam sehari adalah 2151 kkal/hari. Selain mengurangi makan, penting untuk memperhatikan kualitas makanan yang dikonsumsi. Alangkah lebih baik jika mengikuti pola makan sesuai dengan isi piringku dan pedoman gizi seimbang. Untuk olahraga, bisa jalan kaki saja muali dari 10-20 menit per hari. Tidak disarankan untuk olahraga berat yang lompat-lompat. Semoga dapat membantu.
14:47 01/01/2022