[Bayi & Balita]
NI WAYAN TIRTA
Menu awal yg baik untuk bayi peralihan dari Asi ekslusif, agar tidak susah BAB mohon pentunjuk
17:11 15/01/2022
Diah Apriyani, S.Gz ahligizi
Halo Bunda Ni Wayan, pemberian MPASI yang baik harus tepat waktu, adekuat, aman, dan diberikan dengan cara yang benar. Tepat waktu, artinya tentu pada saat usia 6 bulan (atau sesuai dengan saran dokter), adekuat artinya cukup secara makronutrien (karbohidrat, lemak, protein) dan mikronutrien (zat besi, vitamin dan mineral lainnya), aman artinya tidak mengandung bahan yang berbahaya, dan diberikan dengan cara yang benar. Karena di usia 6 bulan ini adalah peralihan dari makanan cair ke padat, maka tekstur yang dibutuhkan untuk usia pertama makan adalah lumat halus. Penyajiannya dapat dengan cara dilumat di saringan atau diulek di ulekan khusus makanan bayi. Ulekannya sebaiknya terpisah dari yang Ibu pakai untuk masak sehari-hari ya.Tidak masalah juga jika Ibu lebih nyaman menggunakan blender. Asal perhatikan teksturnya jangan sampai terlalu encer. Pastikan juga MPASInya menggunakan menu lengkap dan mengandung makro dan mikronutrien ini. Bunda bisa lakukan beberapa tips untuk mengatasi sembelit pada Si kecil : * Utamakan pemberian sayuran dan buah setiap Si Kecil makan * Perbanyak asupan cairan * Ajak Si Kecil bergerak aktif untuk membantu pergerakan usus * Ajarkan Si Kecil untuk rajin BAB
14:47 18/01/2022