[Masalah Berat Badan]
anonim
Berat badan saya 36 kg, dengan tinggi 152 cm. Rancangan menu makana yang bagaimana yang dapat menaikkan berat badan?
18:00 15/01/2022
Anak Agung Istri Kencana Sari Devi, S.Tr.Gz ahligizi
Halo Kak, perkenalkan saya Gung Is
Berdasarkan data TB dan BB kakak, untuk berat badan idealnya adalah 46,8 kg. Namun jangan khawatir kak, perlahan tapi pasti penambahan berat badan pasti bisa tercapai.
Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan :
1. Makan dengan porsi kecil tapi sering
Jika makan sekaligus dengan menambah porsi dari yang biasanya tidak mudah maka kakak bisa tambah frekuensi makan utama dan jangan lupa diselingi 2x makan selingan.
2. Menambah (surplus) kalori
Kalori sehari bisa ditingkatkan menjadi 300 kkal lalu bertahap ke 500 kkal. Penambahan berat badan yang disarankan umumnya adalah sebesar 0,5 - 1 kg per minggu.
3. Lakukan aktivitas fisik
Setelah dilakukannya surplus kalori yang akan menambah massa otot dapat dilakukan beberapa latihan seperti bench presses, jongkok, sit-up, chin up dan sebagainya untuk membantu mengencangkan otot.
4. Kelola stress
Untuk sebagian orang saat mengalami masalah maka akan berpengaruh pada nafsu makan. Nafsu makan yang berkurang karena stress yang tidak dapat dikendalikan justru akan menyebabkan penurunan berat badan.
5. Konsisten
Lakukan semua tips diatas dengan teratur dan percaya bahwa hasil tidak akan mengkhianati usaha.
Semangat ya kak semoga membantu
15:45 18/01/2022