[Mitos atau Fakta ? (HOAX or Not)]
anonim
Herballife apakah benar khasiatnya menurut para ahli gizi ??🙏
21:51 22/01/2022
Hallo Kak,,, Terimakasih Sudah bertanya Di Dietducate:
_Herbalife adalah suatu perusahaan multi level marketing (MLM) yang produk utamanya adalah berbagai suplemen (bukan obat) herbal yang diklaim mampu menurunkan berat badan, memperbaiki gula darah, kolesterol dan sebagainya. Masalah apakah akan menggunakannya atau tidak adalah keputusan pribadi, tetapi sampai saat ini efektifitasnya belum pernah terbukti dalam suatu penelitian ilmiah yang dapat dipercaya. Klaimnya lebih berdasarkan kepada testimoni yang benar / tidaknya sulit untuk dilacak dan dipertanggunjawabkan. Apakah ada efeknya? mungkin saja ada. Bahkan perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya 50-70% obat medis modern adalah plant derived drugs (obat yang berasal dari tanaman dari senyawa yang diambil dari tanaman) hanya saja telah dimurnikan zat aktifnya diteliti , dibuat standardnya atau sedikit dimodifikasi molekulnya agar efektifitas / efek sampingnya menurun. Sebagai contoh, dalam produk tersebut mengandung suatu tanaman herbal yang disebut Ephedra sinica (dalam ilmu pengobatan tradisional Cina : Ma Huang) dan sida cordifolia (sejenis bunga liar yang banyak digunakan dalam ritual ayuverda). Keduanya diketahui mengandung senyawa efedrin, senyawa ini dan turunannya pseudoefedrin banyak ditemukan dalam obat batuk sebagai dekongestan (menghilangkan sumbatan hidung), juga digunakan sebagai penyempit pembuluh darah, peningkat tekanan darah. dan sebagainya. Zat ini juga meningkatkan laju metabolisme tubuh dan menekan nafsu makan, sehingga tidak heran dapat menurunakn berat badan. terhadap asam urat dan kolesterol ? Kalau Anda makan lebih sedikit dan lebih terkontrol pun kolesterol dan asam urat Anda akan membaik, disamping itu memang diketahui banyak tanaman yang memiliki efek menurunkan keduanya. Sebagai contoh, obat penurun kolesterol yang paling banyak digunakan yakni golongan statin (simvastatin, atovastatin, rosuvastatin, dsb) semuanya merupakan turunan dari senyawa mevastatin yang pertama kali diisolasi oleh seorang Jepang dari jamur penicillium citrinum. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah klaim tanpa efek samping. Ini adalah klaim berbahaya yang menyesatkan karena mendorong orang meminum jangka panjang tanpa berfikir mengenai resikonya. Padahal tidak ada suatu apapun, meski obat herbal sekalipun yang tidak ada efek sampingnya. Semua tergantung dari dosis, cara pemakaian, lama pemakaian, dan apakah tepat pemakaiannya. Tidak ada yang namanya obat dewa yang bisa menyembuhkan segala macam penyakit seperti klaim-klaim bombastis yang seringkali ditemukan di masyarakat mengai obat-obat semacam ini. Contoh:
Ginko biloba,suatu suplemen herbal yang dikatakan memperbaiki daya ingat memiliki potensi efek samping berupa perdarahan otak
Teh rosella, memiliki efek samping utama gangguan saluran cerna
Bahkan, nasi putihpun jika anda berikan terlalu banyak pada pasien DM bisa menjadi 'racun' baginya karena meningkatkan gula darah. Atau air putih diperlukan bagi semua orang dan makhluk hidup, tetapi pada pasien gagal jantung dan gagal ginjal, terlalu banyak air malah akan mematikan.
Jadi sekali lagi tidak ada yang tidak meiliki efek samping. Apapun itu akan bermanfaaat jika digunakan sesuai dengan takarannya, indikasinya, dan jika pemakaiannya benar. Jika tidak, tentu akan terjadi sebaliknya
contoh, berikut suatu tautan terhadap sebuah jurnal ilmiah mengenai beberapa kasus kerusakan hati yang diinduksi / disebabkan oleh suplemen yang Anda maksudkan. Meski kejadiannya jarang, tetapi faktanya ada saja resiko efek samping yang dihadapi. Sekali lagi, tidak ada yang bebas efek samping / resiko. Slimming at all cost : herbalife induced liver injury Jadi kesimpulannya :
Apakah ada manfaatnya ? mungkin ada, mungkin juga tidak. bisa bermanfaat karena memang ada zat aktifnya. seberapa besar dan seberapa efektif ? tidak jelas karena memang tidak ada penelitiannya
Apakah ada resiko / efek sampingnya ? jelas ada, tidak ada yang tidak memiliki efek samping. contoh seperti yang saya sampaikan diatas, meskipun jarang
Apakah suatu obat ? tidak. produk tersebut lebih merupakan suatu suplemen daripada obat.
Apakah akan tetap mengkonsumsinya atau tidak, semuanya kembali pada pasien/klien, saya hanya mencoba untuk menyampaikan fakta-fakta yang ada mengenai hal tersebut.
Semoga Membantu 🙂
06:58 23/01/2022
Jika Masih ada yang mau ditanyakan silahkan chat dikolom chat ya
06:52 23/01/2022