[Gizi Olahraga & Kebugaran]
anonim
Cara melawan nafsu mkan malam agar tdak membuncit
06:52 25/01/2022
Hallo,,, Terimakasih Sudah Bertanya Di Dietducate:
1. Perbanyak konsumsi makanan tinggi serat >Tidak hanya baik untuk pencernaan, kandungan serat dalam makanan juga membuat perut kenyang lebih lama. Karena itu, manfaat serat yang satu ini baik untuk menekan nafsu makan Anda.
Beberapa jenis makanan tinggi serat, di antaranya kacang-kacangan, gandum, agar-agar, serta buah dan sayur. Selain banyak mengandung serat, makanan-makanan tersebut juga mengandung banyak nutrisi lain yang baik untuk kesehatan tubuh.
2. Konsumsi makanan secara perlahan > Saat sedang makan, diperlukan waktu sekitar 20 menit bagi tubuh untuk memunculkan sensasi rasa kenyang. Jika Anda makan secara perlahan, maka akan memberikan waktu bagi otak untuk menangkap sinyal bahwa Anda sudah kenyang sembari membatasi jumlah kalori yang dikonsumsi.
Dengan demikian, Anda bisa mengurangi asupan kalori yang masuk sekaligus mengendalikan nafsu makan.
3. Perbanyak minum air putih > Berbagai penelitian menyatakan bahwa membiasakan diri untuk banyak minum air putih dapat menekan rasa lapar, sehingga mengurangi dorongan untuk ngemil atau makan berlebih.
Tak hanya mengurangi nafsu makan, konsumsi air putih juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan tercegah dari dehidrasi. Untuk itu, pastikan Anda memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 2 liter (sekitar 8 gelas air) per hari.
4. Jangan lewatkan sarapan
> Hindari melewatkan sarapan di pagi hari. Selain membuat Anda kenyang sepanjang pagi, sarapan juga mencegah Anda makan berlebihan pada siang harinya. Pastikan Anda mengonsumsi menu sarapan sehat yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak.
5. Berolahraga secara teratur > Saat tubuh baru menjalani aktivitas fisik atau olahraga, maka biasa nafsu makan memang sedikit meningkat. Namun, jika dilakukan secara rutin, olahraga justru terlihat dapat membantu tubuh untuk menahan nafsu makan.
Rutin berolahraga dipercaya mampu mengurangi aktivitas bagian otak yang mengendalikan nafsu makan dan mengurangi kadar hormon yang memicu rasa lapar.
6. Cukupi waktu istirahat > Tidur malam setidaknya selama 7 jam ternyata dapat memengaruhi produksi hormon leptin dan ghrelin yang mengendalikan nafsu makan. Jika Anda cukup tidur, hormon tubuh akan bekerja dengan baik dan tubuh lebih mampu mengendalikan nafsu makan.
7. Hindari mengonsumsi camilan > Saat Anda mulai merasa lapar, hindari mengonsumsi camilan untuk menghilangkan rasa lapar Anda. Terlebih jika jenis camilan yang dimakan kurang sehat, seperti gorengan, es krim, permen, atau cokelat.
Semoga Membantu 🙂
15:02 25/01/2022