[Lainnya......]
anonim
Saya mengidap batu empedu dg diameter 1cm sebanyak 2 buah. Pantangan saya kata dokter lemak dan minyak. Apakah saya Benar-benar harus meniadakan lemak dan minyak sama sekali? Atau boleh tapi dibatasi? Sedangkan BB saya terhitung underweight. Mohon rekomendasinya untuk makanan yg sehat untuk batu empedu. Terima kasih.
07:06 26/01/2022
Agung Dirgantara Namangboling, M.Gz.,Dietisien.,AIFO ahligizi
Hallo, terima kasih sudah bertanya di AhliGiziID. Pembentukan batu empedu lebih berisiko terjadi pada orang yang sering mengonsumsi makanan berlemak, menderita obesitas, sering merokok, memiliki kolesterol tinggi, atau mengalami penurunan berat badan drastis dalam waktu singkat. Selain itu, wanita hamil, orang yang mengonsumsi obat-obatan tertentu (misalnya pil KB), atau penderita penyakit hati juga lebih berisiko terkena batu empedu. Bagi pengidap batu empedu disarankan untuk mengkonsumsi makanan tinggi serat bisa didapat dari sayur dan buah buahan, kemudian bisa juga dengan jenis makanan biji bijian, dan juga sumber omega 3 seperti minyak ikan dan minyak zaitun yang dapat membantu proses pengosongan kantung empedu. Hindari konsumsi daging dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi, lemak dari sumber hewani diganti menggunakan lemak nabati dalam mengolah makanan sehari hari.
15:25 05/02/2022