[Diet Hipertensi ( Darah Tinggi)]
Paulina Tarigan
Diet makana untuk pasien yang mengidap hepertensi
19:30 26/01/2022
Nia Aninditya Zagita, STr Gz ahligizi
Terimakasih sudah bertanya di Dietducate. smoga sy Nia bisa jawab pertanyaan kak Paulina yaa. kira2 diet ini untuk usia berapa tahun, dan tekanan darahbyang terakir berapa ? memiliki komplikasi penyakit lain atau tidak yaa kak kira2 ?
19:32 26/01/2022
Paulina Tarigan
Diet ini untuk orang lanjut usia yang berumur 80thn tadi saya membawa berobat ke bidan dengan dicek tensi 170/90 dengan mengalami gejala pusing dan nafsu makan yang berkurang
19:45 26/01/2022
Nia Aninditya Zagita, STr Gz ahligizi
begitu yaa kak. pasti kawatir yaa soalnya pasti susah ngerawat orang tua yang kehilangan nafsu makan. salah2 malah gak ada makanan yang dikonsumsi. kak dapat obat kah dari bidan ?? obat penurun darah. naah itu di konsumsi secara teratur. jangan takut kalau kebanyakan minum obat akan bermasalah dengan ginjalnya pasien. karena justru dengan terkendalinya tekanan darah pakek obat hingga bener2 stabil akan sangat membantu kondisi pasien. jadi misal habis silakan k puskesmas terdekat berobat lagi dan cek tekanan darah lagi.
19:49 26/01/2022
Nia Aninditya Zagita, STr Gz ahligizi
Dari segi gizi pasti kak lina sudah tau tentang eratnya kaitan antara hipertensi dan garam . nahh yang sy mau tekankan disini apabila tidak memiliki komplikasi tertentu dan tekanan darah tidak melebihi 200/110 pasien masih boleh konsumsi masakan dengan garam dapur biasa yang penting kak paulina ngrasainnya gak keasinan banget. tapi sangat2 harus dibatasi konsumsi IKAN ASIN, MAKANAN KALENG(SARDEN DLL), KERIPIK, MIE INSATAN. untuk mengatasi kurangnya nafsu makan tetap hrs d tanyakan k pasiennya lagi pengen makan apa dan tiap kali makan tidak perlu porsi besar.
19:54 26/01/2022
Paulina Tarigan
Maaf kak mau bertanya untuk riwayat hipertensi apakah masih bisaa atau boleh mengkonsumsi kopi hitam
20:15 26/01/2022
Nia Aninditya Zagita, STr Gz ahligizi
masih kak . hehehe. asal gulanya jangan di gantu garem . terlalu banyak kopi juga bisa mengakibatkan kembung dan mempemgaruhi nafsu makan. jadi usahakan cukup sehari maksimal 1 kali.
20:40 26/01/2022