[Gizi Olahraga & Kebugaran]
Resi Rekha
Bagaimana menentukan nilai gizi dari masing2 kandungan makanan yang kita buat atau beli? (Dimana tidak ada keterangan nilai gizinya) dan tidak ada tertera di dalam fitur kandungan makanan. Atau meskipun tertera di fitur tsb, tapi tentunya resep makanan satu sama lain berbeda, meskipun jenisnya sama (misalnya bakso, bakwan, dll yg mana antara 1 orang bahan2nya tentu berbeda). Terima kasih.
19:12 29/01/2022
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak Resi, Terima kasih sudah bertanya di Dietducate. untuk menentukan estimasi nilai gizi memerlukan keterampilan khusus, biasanya keterampilan ini di kuasai oleh ahli gizi. misalnya makan bakwan 1 porsi 50 gr, di estimasi berat bahan nya : tepung 25 gr, kol/wortel 10 gr, metode pengolahan (digoreng=ditambahkan minyak) estimasi 10 gram tergantung juga persen penyerapan minyak. kemudian diolah menggunakan daftar zat gizi dalam bahan makanan.
Atau bisa dibuat nilai gizi tepung terigu, wortel/kol, minyak dalam 1 resep dibagi berapa porsi. semoga membantu.
13:08 30/01/2022