[Kehamilan]
anonim
Kalau kita mengalamin mual muntah pada saat hamil sebaiknya bagaimana?
01:20 30/01/2022
Hallo,,, Terimakasih Sudah Bertanya Di Dietducate:
_Menghilangkan dan mengatasi mual saat hamil bisa juga dengan cara perubahan pola makan dan gaya hidup sehari-hari:
1. Makan Makanan Bergizi Seimbang
2. Istirahat > Kelelahan biasanya bisa memicu mual. Untuk itu, beristirahatlah kapan pun ketika Anda merasa lelah dan jangan memaksakan diri untuk terus beraktivitas.
Buat diri Anda rileks di rumah dan jangan berkegiatan terlalu banyak seperti saat sebelum hamil.
Ingatlah bahwa tubuh memiliki beban dua kali lebih berat dibandingkan dengan biasanya.
3. Bangun perlahan > Gerakan yang tiba-tiba saat bangun dari tempat tidur di pagi hari bisa memicu mual. Tak hanya mual, Anda mungkin saja merasa pusing atau keliyengan.
Sebelum benar-benar bangun, duduklah sejenak di tempat tidur. Setelah merasa semuanya baik-baik saja, baru kemudian beranjak dari kasur dan berdiri.
4. Hiruplah udara segar > Menghirup udara segar pada pagi hari biasanya dilakukan sebagai cara untuk mengatasi dan menghilangkan mual yang menyerang saat hamil muda.
Untuk itu, jika memang mual sering menyerang, membuka jendela rumah dan membiarkan udara serta sinar matahari masuk adalah hal yang baik.
Setelah itu, tariklah napas dalam-dalam dan embuskan perlahan.Ulangi cara ini setiap kali Anda merasa mual dan ingin muntah.
Membuka jendela dan membiarkan udara masuk juga membantu menghilangkan aroma-aroma pemicu mual di rumah.
5. Sering makan camilan > Sering makan camilan saat hamil berguna untuk mencegah perut tidak terlalu kenyang dalam satu waktu.
Perut yang kekenyangan, atau bahkan terlalu kosong, bisa memancing rasa mual datang kembali.
Anda bisa mengganjal perut dengan sepotong roti atau biskuit ketika bangun tidur.
Hindari makan dalam porsi besar secara langsung sebagai cara mengatasi mual saat hamil muda.
6. Hindari pakaian yang terlalu ketat > Pakaian yang terlalu ketat bisa menekan perut sehingga menimbulkan rasa sesak dan memicu mual.
Untuk itu, cobalah memakai pakaian yang longgar saat hamil. Selain membuat nyaman, rasa mual pun biasanya akan berkurang.
7. Minum banyak air > Jika terus-terusan mual dan muntah saat hamil, Anda tentu akan kehilangan banyak cairan tubuh. Itu sebabnya, minum yang banyak bisa mencegah dehidrasi.
Selain air putih, sumber cairan tubuh bisa didapatkan dari jus buah, air kelapa, atau dengan makan sup.
Air lemon juga bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai salah satu cara untuk mengatasi mual saat hamil.
Hal ini karena aromanya yang segar, juga rasanya yang nikmat bisa membantu meredam rasa mual.
8. Menghindari pemicu mual > setiap ibu hamil biasanya memiliki pemicu mual yang berbeda. Jika mendapati bahwa diri Anda sensitif terhadap bau tertentu, cobalah untuk menghindarinya.
Hal ini akan sangat membantu untuk mengurangi mual dan muntah saat hamil termasuk saat hamil muda.
9. Pikirkan hal lain >
Jangan berfokus pada perasaan mual yang terus muncul. Ada baiknya Anda berusaha untuk mengalihkan perhatian ke hal lain yang mungkin akan menambah semangat.
Lakukan berbagai kegiatan yang Anda sukai untuk membantu melupakan mual yang kerap muncul.
Semoga Membantu 🙂
05:19 30/01/2022