[Masalah Berat Badan]
anonim
Apakah suplemen LCA terbukti efektif menurunkan berat badan? Dan apakah efek samping dari penggunaan suplemen LCA tersebut?
17:52 31/01/2022
Agung Dirgantara Namangboling, M.Gz.,Dietisien.,AIFO ahligizi
Hallo, terima kasih sudah bertanya di AhliGiziID. Suplemen LCA atau asam linoleat yang terkonjugasi merupakan hasil jenis asam lemak omega 6 yang terdapat pada daging dan susu dan masuk pada kategori lemak trans. Bahaya lemak trans terhadap kesehatan 1. Dapat menyebabkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah meningkat, serta menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Penelitian menunjukkan bahwa lemak trans buatan memiliki efek yang lebih buruk terhadap kesehatan dibandingkan lemak trans dari sumber alami. 2. Dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, LDL dan trigliserida yang meningkat dapat menumpuk dan membentuk plak di dalam pembuluh darah jantung. Kondisi ini membuat pembuluh darah tersebut menyempit, sehingga aliran darah ke jantung terhambat, dan lama kelamaan akan menyebabkan penyakit jantung koroner. 3. Dapat menyebabkan stroke. Selain penyakit jantung, asupan lemak trans berlebih juga bisa meningkatkan risiko terjadinya stroke. Stroke bisa terjadi bila plak yang terbentuk pada pembuluh darah terlepas, kemudian mengalir ke pembuluh darah otak dan mengakibatkan sumbatan. Apabila hal ini terjadi, aliran darah yang mengirimkan oksigen ke jaringan otak akan terhambat, sehingga jaringan tersebut rusak atau mati. Akibatnya, terjadilah stroke. Pola makan yang kurang sehat, termasuk yang tinggi lemak trans, diduga dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh sehingga risiko diabetes turut meningkat dan dapat meningkatkan risiko terjadinya batu empedu.
19:58 31/01/2022