[Mitos atau Fakta ? (HOAX or Not)]
anonim
Apakah nutrisi shake itu menjadi penyebab hemoroid? Sebab dalam arahan penjualnya diminta meminum itu 2 kali sehari ditambah suplemen serat dan makan nasi+lauk 1 kali (saat siang saja) serta sayuran&buah²an (kecualai apel dan pisang) menjadi pantangan dalam pola makan program diet tersebut? Mohon pencerahannya
13:48 02/02/2022
Agung Dirgantara Namangboling, M.Gz.,Dietisien.,AIFO ahligizi
Hallo, terima kasih sudah bertanya di AhliGiziID.
Hemoroid terjadi karena pembuluh darah di anus mendapat tekanan yang berlebihan sehingga dapat menimbulkan peradangan sampai perdarahan. Kekurangan serat tidak larut tekstur feses menjadi padat dan tidak lembut sehingga dapat membuat tekanan yang lebih besar saat BAB. Makanan sumber serat tidak larut air yang dapat dikonsumsi yaitu seperti oat, gandum, jagung, beras, buah buahan, sayuran seperti seledri, brokoli, tomat, wortel, timun.
15:04 02/02/2022