[Gizi Olahraga & Kebugaran]
anonim
Ada sebuah merk minuman tinggi serat yaitu Flimty Fiber yg mengklaim bisa mengikat lemak, tepung, air dan sebagainya lalu membuangnya pd proses pencernaan. Jika misal kita mengkonsumsi itu setiap hari atau apapun jenis makanan tinggi serat lainnya, apakah dg demikian boleh makan bebas apa saja? Termasuk yg tinggi lemak, tepung dsb karena nantinya akan dibuang sebagai feses? Terima kasih
20:35 10/02/2022
Madinatul Munawwaroh, S.Tr. Gz ahligizi
Halo, sebaiknya sebelum mengkonsumsi harus berhati-hati, bisa dilihat dulu komposisi dan kandungan gula di dalamnya. Sependek pengetahuan saya, minuman tersebut tidak jauh beda dengan suplemen penurun BB yang kebanyakan seperti obat pencahar. Memang benar, setelah membuang kotoran dalam tubuh melalui BAK dan BAB, maka BB terasa berkurang. Apakah bisa mengurangi kadar lemak dalam tubuh? Belum tentu. Saran saya sebaiknya tetap makan sesuai panduan gizi seimbang, lebih banyak makan sayur dan buah, serta olahraga untuk membakar lemak dalam tubuh.
15:14 11/02/2022
anonim
Berarti meskipun tinggi serat dan pencernaan lancar, belum tentu kadar lemak berkurang ya kak? Tanda banyaknya kadar lemak dalam tubuh itu seperti apa kak?
16:36 11/02/2022
Madinatul Munawwaroh, S.Tr. Gz ahligizi
Sebelumnya, maaf kalau penjelasannya agak panjang. Kalau kita konsumsi tinggi serat, penyerapan gula ke dalam darah akan terjadi secara lambat, nah hal ini bisa membuat tubuh tidak menyimpan lemak sebagai sumber energi. Nah, saya juga mau meluruskan dulu ya. Lemak tidak dibuang melalui feses, prosesnya lewat penyerapan dulu dan setelah itu masuk ke aliran darah untuk disalurkan ke seluruh bagian tubuh. Sel lemak bisa membesar kalau makan makanan tinggi kalori dan mengecil kalau kita melakukan aktivitas fisik dan olahraga. Tapi, lemak bisa keluar dalam bentuk molekul lewat keringat, urine, air mata, dan sebagian besar keluarnya lewat pernapasan (karbon dioksida). Makanya itu, aktivitas yang memacu pernapasan dapat "membakar lemak" seperti olahraga. Kalau untuk mengukur kadar lemak dalam tubuh secara akurat, biasanya ada alat pengukurnya sendiri. Tapi, kalau untuk tanda-tanda umum ada seperti merasa kembung, lesu, berat badan meningkat, dan terjadi pembesaran di daerah perut. Tapi, jangan melakukan diagnosis sendiri ya. Tetap butuh tenaga profesional seperti dokter dan ahli gizi untuk membantu.
17:17 11/02/2022