[Diet Asam Urat]
anonim
Makanan yg harus dihindari
13:23 14/02/2022
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hallo,,, Terimakasih Sudah Bertanya Di Dietducate: 1. Jeroan Penderita asam urat disarankan untuk menghindari konsumsi jeroan, seperti hati, babat, usus, dan organ bagian dalam hewan lainnya. Jenis makanan tersebut diketahui memiliki kandungan purin tertinggi. 2. Makanan laut atau boga bahari (seafood) Bila Anda menderita asam urat, dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan laut mulai dari sekarang sebab makanan tersebut kaya akan purin. Beberapa jenis makanan laut yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat tinggi adalah kerang, ikan asin, ikan teri, sarden, tuna, kembung, tiram, udang, lobster, atau kepiting. 3. Sayuran Ada beberapa sayuran yang memiliki kadar purin tinggi, yaitu bayam, kembang kol, asparagus, kacang polong, dan jamur. Namun, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi purin yang berasal dari sayuran tidak menimbulkan masalah bagi penderita asam urat tinggi. Artinya, risiko terkena penyakit asam urat atau kemungkinan kambuh kembali cukup rendah. Meski begitu, Anda disarankan untuk tetap membatasi jumlah konsumsi beberapa jenis sayuran tersebut. 4. Minuman beralkohol Beberapa jenis minuman beralkohol mengandung purin yang tinggi dan bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Jenis minuman beralkohol yang paling sering memicu munculnya serangan asam urat adalah bir. 5. Gula Meski kadar purin dalam gula tergolong rendah, Anda tetap disarankan untuk tidak berlebihan mengonsumsi makanan yang mengandung gula. Mengonsumsi gula secara berlebihan bisa menyebabkan diabetes dan obesitas, serta bisa memperburuk gejala asam urat yang diderita. Hindari pula mengonsumsi minuman yang mengandung fruktosa, karena bisa meningkatkan kadar asam urat. Jika ingin memanjakan lidah dengan sesuatu yang manis, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan segar. Semoga Membantu 🙂
14:01 14/02/2022