[Lainnya......]
Amrullah Sapit
Berapa gram kita boleh memakan nasi putih dalam makan pagi,siang dan malam?
09:09 26/02/2022
Yelly Tambunan ahligizi
tergantung usia, TB, BB aktiftas, jenis kelamin.
09:28 26/02/2022
Amrullah Sapit
Usia 40 th,TB174 cm bb 56 kg,pria,berapa gram boleh makan nasi putihnya?
09:42 26/02/2022
Yelly Tambunan ahligizi
kebutuhan bapak 1900-2100 Kal ya.
pagi 5-6 sendok makan munjung
siang 8-10 sendok makan munjung
malan 6-7 sendok makan munjung
09:45 26/02/2022
Yelly Tambunan ahligizi
dalam gram
pagi sekitar 125 gram
siang 175-200 gram
malam 150 gram
09:46 26/02/2022
Amrullah Sapit
Apakh sampai seterusnya jumlah makanya harus begitu?
09:53 26/02/2022
Yelly Tambunan ahligizi
ia pak.
itu sudah sesuai dengan kebutuhan gizi berdasarkan data yang kita terima.
jika konsumsi nasi atau makanan pokok berlebih, akan menyebabkan kegemukan dan akan berkaitan dengan penyakit seperti DM dan jantung
jika sangat kurang dari yang disarankan, asupan gizi yang kurang berkaitan dengan akan kurangnya efektifitas temasuk dalam berkegiatan sehari hari.
09:56 26/02/2022
Amrullah Sapit
Berapa jumlah sayur dan buah serta lauknya untuk menggabungkan nasinya dalam satu kali makan?
10:04 26/02/2022
Yelly Tambunan ahligizi
1900 -2100 Kal
sarapan pagi (jam 7-8)
nasi : 5-6 sendok makan/roti 3 slice/kentang mentah 225 gram
lauk hewani 1 potong sedang
sayuran : porsi tidak masalah, karena kalori dapat diabaikan
buah : 1 (misal 1 apel)
minyak 1-2 sendok teh(digunakan untuk menumis)
snack pagi (10)
misal : 1 pisang cavendish sedang-besar
atau
krekes makx 3 keping
makan siang (12-13)
nasi 8-10 sendok makan
lauk hewani 2 potong
tahu 1 ukuran petak sedang/ tempe 2 slice sedang
sayuran bebas
pepaya : 1 slice (misal : ukuran penjual rujak
minyak 1-2 sendok teh untuk menumis
snack sore (15)
buah apel fuji 1 yang besar
makan malam (18:00)
nasi 6-7 sendok makan
lauk hewani 1-2 potong
tahu/tempe (seukuran porsi siang)
sayuran bebas
buah : 1 sunkist
minyak 1-2 sendok teh untuk menumis
snack malam (20:00)
buah 1 apel kcil dan susu
10:22 26/02/2022
Amrullah Sapit
Apakh jumlah nasinya dalam sekali makan harus disesuaikan dengan aturan gizi seimbang?
10:28 26/02/2022
Yelly Tambunan ahligizi
ia pak. sesuai kebutuhan gizi nya 1900-2100 Kal.
jika gizi seimbang maksudnya adaalah : persekali makan besar : ada komponen makanan pokok +lauk hewani/nabati/sayur/susu.
apakah bapak bisanya mengkonsumsi makanan pokok kurang dari yang disarankan?
10:30 26/02/2022
Amrullah Sapit
Saya makan makanan pokok itu lebih dari yang disarankan karna badan saya kurus ,untuk makan paginya saya makan lebih dari 6 sendok makan,tapi saya memakai aturan gizi seimbang dalam piring makan saya.misalnya untuk sarapan pagi saya makan satu piring nasi dengan sayur satu piring yng beraneka ragam,dan lauknya setengah piring ,apakh benar cara saya ini?
10:44 26/02/2022
Yelly Tambunan ahligizi
memang untuk meningkatkan berat badan dibutuhan kalori dari biasanya.
namun tetap kita harus perhatikan jenis yang masuk.
misal : karena besar badan dibawah normal, setiap hari hanya konsumsi lauk yang digoreng dan snack yang digoreng, hal ini juga akan mempengaruhi kadar lemak didalam darah :(kolestero total,LDL.Trogliserida)
makanan yang goreng boleh saja di konsumsi, namun tidak disarankan setiap saat.
mungkin kita boleh pilih minyak lebih baik misal minyak zaitum atau minyak kedelai namun penggunaanya dengan tumisan atau dressing salad. asupan lemak dapat kita ambil, namun mengurangi resiko kolesterol meningkat.
porsi sayuran yang sudah bapak konsumsi tidak masalah.
untuk lauk juga : namun pengolahan harus bervariasi : goreng/sup/tumis/panggang
10:50 26/02/2022
Amrullah Sapit
Apakh benar cara saya mengatur pola makan saya untuk meningkatkan berat badan saya yang kurus dengan cara :makan nasi putih untuk pagi,siang dan malam satu piring sebanyak 11 sendok dan satu piringnya sayuran dan lauknya setengah piring dari protein hewani/ nabati ?
11:19 26/02/2022
Yelly Tambunan ahligizi
ssudah pak untuk ukuran sayuran dan lauk hewani/nabati.
untuk makanan pokok di pagi dan malam boleh dikurangi seidkit ya.
jangan lupa snack nya jam 10 dan jam 3 sore dan 2 jam sebelum tidur.
snack sesekali boleh konsumsi yang padat kalori misal : roti atau arem-arem sayur/lontong/macaroni scotel/kroket dan konsumsi susu dimalam hari 2 jam sebelum tidur
11:23 26/02/2022
Amrullah Sapit
Apakh kebutuhan kalori 1900-2100 kalori yang pagi 5-6 sendok,siang8-10 sendok dan malam 6-7 sendok diterapakh bagi orang yang berat dan tinggi badananya yang ideal, ataukah bisa diterapkan untuk orang yang badanya kurus ,ataukah bisa diterapkan oleh orang yang berat badanya lebih?
11:35 26/02/2022
Yelly Tambunan ahligizi
untuk berat badan normal 1900 kal
berat bdan kurang 2100 kal
berat badan lebih bisa 1700 Kal
11:37 26/02/2022
Amrullah Sapit
Bagaimana cara menghitung jumlah makanan supaya tepat jumlahnya mencapai 2100 kal ,karna kan badan saya kurus ?
11:44 26/02/2022
Yelly Tambunan ahligizi
ada yang disebut dengan bahan makanan penukar.
1 penukar nasi ; 100 gram nasi : 175 Kalori
1 potong ayam tanpa kulit : 50 kalori
100 gram sayuran : 0-25 Kal
buah 1 apel kecil : 50 kal
minyak 1 sendok teh : 50 Kal
jika 2 penukar berarti 200 gram ; 350 kal
jumlah kalori diatas, jika dijumlahkan pagi siang malam, snack pagi, siang dan malam : 2100 Kal
sudah saya terjemahkan dengan porsi diatas yang sudah saya sebutkan.
11:47 26/02/2022
Amrullah Sapit
Apakh makan nasi putih bisa menyebabkan penuaan dini?
11:51 26/02/2022
Yelly Tambunan ahligizi
tidak, apabila sesuai porsi yang dianjurkan.
11:59 26/02/2022
Amrullah Sapit
Kalau tidak sesuai dengan porsinya,apakh bisa menyebabkan penuaan dini?
12:01 26/02/2022
Yelly Tambunan ahligizi
sumber makanan pokok tidak hanya dari nasi.
bisa diganti dengan kentag/ubi/singkong/gandumh yang mengandung beberapa antioksidan.
konsumsilah makanan bervariasi setiap hari.
12:02 26/02/2022
Amrullah Sapit
Berapa berat badan yng ideal untuk tinggi 174 cm?
12:06 26/02/2022
Yelly Tambunan ahligizi
74 Kg
12:08 26/02/2022
Yelly Tambunan ahligizi
66-74 Kg dalam batas normal.
12:08 26/02/2022
Amrullah Sapit
Orang yang tingginya174 cm dan beratnya 74 kg,apakh termasuk pendek,tinggi,sedang ataukh terlalu tinggi?
12:10 26/02/2022
Yelly Tambunan ahligizi
tinggi badan sesuai dengan berat badan artinya adalah status gizi baik.
tidak kurang. tidak lebih
12:13 26/02/2022
Amrullah Sapit
Saya pernah baca di google ,menurut ahli gizi dari Kemenkes bahwa tinggi badan ideal pria indonesia 168cm dan wanita 159 cm,apakh itu benar dari Menkes ?
12:21 26/02/2022
Yelly Tambunan ahligizi
kalo menurut saya tinggi badan tidak ada yang mengatur ya pak.
namun yang diatur adalah tinggi badan harus dengan berat badan berapa supaya masuk dalam kategori status gizi normal.
12:25 26/02/2022
Amrullah Sapit
Bagaimana rumus cara menghitung berat badan ideal?
12:56 26/02/2022
Amrullah Sapit
Apakh minum kunyit tanpa dicampur madu atau yang lainnya berbahaya bagi tubuh?
16:34 27/02/2022
Amrullah Sapit
Berapa cm tinggi pria dewasa yang dikatakan pendek itu?
13:04 28/02/2022
Yelly Tambunan ahligizi
rumus BB ideal : BB per (TB-100)pangkat 2
kunyit dan madu bisa jadi berbahaya jika kunyitnya tidak di masak : bisa diare
10:51 01/03/2022