[Masalah Berat Badan]
satriyanti malewa
Assalamu'alaikum dok, mau bertanya untk pola makan yang baik agar BB bisa turun.. Skrg BB 78kg dgn TB cuma 145, padahal usia baru 26 tahun.. Sudh berbagai macam cara dilakukan tapi hasilnya nihil..
23:41 09/03/2022
satriyanti malewa
Kalau bisa di buatkan semacam Meal plant untk sarapan, mkn siang, snack, mkn mlm yg benar dong dok
23:46 09/03/2022
Kukuh Prayitnaning Adi, S.ST ahligizi
waalaikumsalam kak Satriyanti. Perkenalkan saya Kukuh sebagai ahli gizi di Dietducate. Terimakasih sudah bertanya di ahligizi.id atau aplikasi dietducate ya kak. apakah kakak sudah pernah mencoba diet dengan defisit kalori? kalau belum saya jelaskan secara singkat ya kak. Pada prinsipnya diet defisit kalori adalah mengkonsumsi kalori lebih rendah dari kebutuhan kita dan meningkatkan aktifitas fisik untuk membakar lemak yang tersimpan pada tubuh kakak. Defisit kalori pada awal diet yg disarankan adalah dengan mengkonsumsi kalori 500 kalori lebih rendah dari kebutuhan. Setelah saya hitung kebutuhan kalori kakak dengan tingkat aktifitas yang ringan adalah sekitar 1600 kalori, dari situ kakak disarankan konsumsi kalori 1100 kalori dalam sehari agar ketika tubuh kekurangan kalori untuk energi dari makanan yang kita konsumsi tubuh akan membakar kalori dari simpanan lemak kakak. Dalam defisit kalori disarankan mengurangi makanan yang mengandung minyak seperti gorengan dan makanan yang mengandung lemak tinggi. Perbanyak makan sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin serta serat yang akan membuat kakak merasa kenyang lebih lama. Agar kakak tau berapa kalori yang kakak konsumsi, setiap hari kakak bisa gunakan fitur catat makanan di aplikasi dietducate yaitu fitur meal planner ya kak. Dalam menu makanan kakak disarankan memenuhi kebutuhan karbohidrat dari makanan sumber karbohidrat yaitu nasi, gandum, ubi, jagung, makaroni, kentang dll, memenuhi kebutuhan protein nabati dan hewani dari lauk pauknya dipilih makanan yang rendah lemak ya kak. Memenuhi kebutuhan serat mineral dan vitamin dari sayur dan buah. Frekuensi makan 3 kali makan utama dan 2 kali makan selingan diusahakan makanan selingan yang tinggi serat rendah kalori yaitu sayur dan buah ya kak. Makanan disarankan memenuhi gizi seimbang dan beragam. Selain pengaturan makan, kakak disarankan bisa olahraga cukup atau lebih baik lagi jika ditingkatkan intensitasnya kak. olahraga minimal 150 menit dalam seminggu bisa dibagi dalam 3 hari atau 3 kali kak. Pilih dahulu olahraga yang paling memungkinkan bisa kakak lakukan yaitu kardio kak. Jika tidak terbiasa lari jogging, mulai dengan jalan kaki selama 30-45 menit ya kak. jika sudah terbiasa boleh jalan cepat dan setelah itu lari kecil. Kalau dengan kardio sudah terbiasa dicoba latihan beban ya kak. Dipilih latihan beban yang paling mungkin dilakukan terlebih dahulu karena latihan otot sangat penting untuk meningkatkan metabolisme kakak selama diet kak. semoga jawaban saya membantu ya kak, tetap semangattt dan tidak menyerah ya kak.💪💪💪
00:25 10/03/2022
satriyanti malewa
Siap makasi dok. Jadi yg boleh makan apa sja yang penting di batasi??? Kecuali yg berminyak dn bertenang yah dok?
11:18 10/03/2022
satriyanti malewa
Untuk mencoba diet defisit kalori blm pernah dok... Tapi cuma lihat di youtube sja
11:20 10/03/2022
Kukuh Prayitnaning Adi, S.ST ahligizi
betul kak sementara dikurangi makanan berminyak dan berlemak dan tetap pantau kalori yg masuk ya kak. semangat kak.
11:23 10/03/2022
satriyanti malewa
Makasih dok ats informasi nya... Senang bisa konsultasi sm dokter
11:35 10/03/2022
Kukuh Prayitnaning Adi, S.ST ahligizi
terimakasih kembali kak🙏
13:40 10/03/2022