[Masalah Berat Badan]
Jihan Dm
Cara what badan lebih tinggi dan berat badan naik
21:48 12/03/2022
Hallo Kak Jihan,,, Terimakasih sudah bertanya Di Dietducate:
07:59 13/03/2022
Pada remaja pria, percepatan pertumbuhan ini dimulai sejak usia 10–15 tahun. Sementara pada wanita remaja, masa ini dimulai sejak usia 8–13 tahun. Masa percepatan pertumbuhan dapat berlangsung sekitar 2–5 tahun, hingga seorang remaja mencapai kematangan fisik, termasuk tinggi badannya.
Meski demikian, tidak semua orang bisa mencapai tinggi badan yang diinginkan. Ini karena pada dasarnya, tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk faktor genetik atau keturunan.
Cara Menambah Tinggi Badan yang Alami dan Sehat
1. Olahraga secara rutin > Olahraga dan aktivitas fisik rutin sangat baik untuk memperkuat jaringan otot dan tulang, mempertahankan berat badan yang sehat, dan meningkatkan produksi hormon pertumbuhan.
Ada banyak jenis olahraga yang disarankan untuk menambah tinggi badan secara alami, di antaranya bersepeda, berenang, sepak bola, badminton, dan basket. Namun, ingat, untuk mencegeah penularan COVID-19, olahraga tersebut sebaiknya olahraga dilakukan di rumah dan tidak beramai-ramai.
2. Perbaiki postur tubuh > Perbaikan postur tubuh juga bisa membantu menambah tinggi badan secara alami. Kebiasaan berdiri, duduk, dan tidur dengan postur yang tidak benar, misalnya sering membungkuk, dapat membuat tubuh terlihat terlihat lebih pendek. Sebaliknya, dengan postur tubuh yang baik dan tegak, tubuh akan terlihat lebih tinggi dan proporsional.
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh dan membuat tubuh tampak lebih tinggi adalah dengan beberapa pose yoga, seperti mountain pose, cobra pose, dan child’s pose.
3. Istirahat yang cukup > Kurang tidur dapat memicu berbagai masalah kesehatan. Pada anak-anak dan remaja, kurang tidur bisa membuat tumbuh kembang terganggu. Ini karena proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh membutuhkan asupan energi yang tinggi, dan salah satu cara untuk mengisi energi tersebut adalah dengan istirahat yang cukup.
Berikut adalah jumlah waktu tidur yang ideal berdasarkan usia:
Bayi 0–3 bulan: 14–17 jam
Bayi 3–11 bulan: 12–17 jam
Balita 1–2 tahun: 11–14 jam
Balita 3–5 tahun: 10–13 jam
Anak 6–13 tahun: 9–11 jam
Remaja 14–17 tahun: 8–10 jam
Orang dewasa 18–64 tahun: 7–9 jam
4. Konsumsi makanan bergizi seimbang > Selama masa pertumbuhan, sangat penting untuk memenuhi Gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, agar pertumbuhan tinggi badan bisa maksimal. Pada anak-anak, asupan Gizi yang tercukupi juga berperan penting untuk mencegah stunting.
Untuk menunjang pertumbuhan tinggi badan dan menjaga kepadatan tulang, anak-anak dan remaja perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan beragam Gizi, seperti protein, kalsium, dan vitamin D.
Asupan Gizi tersebut bisa diperoleh dari buah dan sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, seafood, telur, tahu tempe, serta susu dan olahannya, termasuk yoghurt dan keju.
Semoga Membantu 🙂
08:05 13/03/2022