[Diet Kolesterol]
anonim
Dok , berat badan ibu sy turun banyak soalnya takut kalo makan banyak , beliau menderita diabetes, kolestrol, asam urat jg , ada riwayat maag jg kyanya. Itu gimana ya dok cara naikin bb ibu saya
02:26 14/03/2022
Yulia Warda, S.Gz ahligizi
Halo, terima kasih telah berkonsultasi di AhliGizi.ID
Cara untuk menaikkan berat badan dengan menerapkan diet gizi seimbang dgn memperhatikan bahan makanan yg sesuai untuk penderita diabetes dgn komplikasi kolesterol, dan diberikan dlm porsi kecil tp sering (frekuensi 3x makan utama & 3x selingan).
Penderita diabetes dianjurkan untuk menghindari makanan dan minuman yang memiliki indeks glikemik tinggi (karena cepat diproses oleh tubuh dan menyebabkan kadar gula darah dengan cepat) seperti nasi putih, kentang, roti putih, kue, biskuit, makanan/minuman manis, minuman bersoda dan sebagainya. Lebih baik mengonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik rendah dan sedang seperti buah, sayur, kacang-kacangan, gandum, dan sebagainya. Namun, pengolahannya sebaiknya dikukus, direbus, atau ditumis dengan sedikit minyak zaitun. Hindari pengolahan makanan dengan cara digoreng atau ditambahkan santan. Dan hindari makanan yg terlalu asam, terlalu pedas, dan makanan yg bergas karna memiliki riwayat maag.
Anjuran konsumsi makanan adalah:
- Hindari makanan yang digoreng, berlemak, atau mengandung santan
- Cukupi konsumsi protein dari dada ayam tanpa lemak, daging rebus, ikan panggang, tahu kukus/rebus, telur, atau kacang-kacangan
- Hindari produk susu full cream, es krim, yoghurt, dan keju. Sebaiknya pilih jenis susu skim, keju rendah lemak, atau yoghurt rendah lemak
- Hindari konsumsi minuman kemasan rasa buah, jus buah atau selai yang ditambahkan gula, serta buah kalengan yang sudah ditambahkan sirup gula. - Lebih baik mengonsumsi buah segar, jus buah tanpa gula, dan selai buah yang tidak ditambahkan gula.
- Hindari minuman manis seperti teh manis, kopi yang ditambahkan gula dan krim, minuman bersoda, minuman beralkohol, atau minuman pembangkit tenaga (energy drink). Lebih baik mengonsumsi air putih, teh tawar, kopi tanpa gula, atau minuman coklat tanpa pemanis
- Perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar yang dimakan mentah atau diolah dengan dikukus sebentar, dipanggang, atau ditumis dengan sedikit minyak zaitun
- Hindari konsumsi makanan dan minuman kaleng
08:18 14/03/2022
anonim
Terimakasih dok
10:26 14/03/2022