[Masalah Berat Badan]
Nurhayati Saprani
Mau konsultasi soal berat badan yang berlebih untuk remaja dietnya gimana ya kak?
22:18 11/04/2022
Diah Apriyani, S.Gz ahligizi
Halo Ka Nurhayati, salam kenal ya.. Apakah boleh diinfo terlebih dahulu untuk BB, TB, dan usia saat ini ?
22:37 11/04/2022
Nurhayati Saprani
BB saya 58 kg, TB saya 156 cm, usia saya 21 tahun kak
22:42 11/04/2022
Diah Apriyani, S.Gz ahligizi
Terimakasih infonya ka, untuk IMT saat ini 23,84 Kg/m2 (kategori overweight).. Buat remaja yang ingin diet, prinsipnya sama seperti orang dewasa yaitu harus diperhatikan kombinasi dari pengaturan komposisi dan porsi makanan serta berolahraga yaa.
22:53 11/04/2022
Diah Apriyani, S.Gz ahligizi
Agar diet kamu menyenangkan, menyehatkan dan berhasil, kamu bisa lakukan langkah berikut : * Diet Rendah Kalori sesuai kebutuhan harianmu yang mengandung zat gizi seimbang, seperti karbohidrat (nasi/kentang/mie/roti), protein rendah lemak (ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, telur, ikan, tahu/tempe, kacang-kacangan), serat (sayur dan buah) * Makan dengan jadwal yang teratur yaitu 3 kali makan padat dan 2 kali selingan. * Lakukan olahraga teratur setiap hari selama 30 menit atau 3 kali seminggu selama 60 menit * Lakukan semua kegiatan sebagai kebiasaan yang menyenangkan disertai motivasi yang kuat dalam diri sendiri untuk disiplin melakukan program penurunan BB * Melakukan gaya hidup sehat dengan konsumsi air putih min 8-10 gls/hari, istirahat cukup 6-8 jam dan selalu berpikir positif. * Biasakan makan dengan pola piring T, yaitu setengah piring berisi sayuran, setengah piring lagi dibagi 2 menjadi seperempat piring berisi nasi dan seperempat sisanya berisi lauk.
22:56 11/04/2022
Nurhayati Saprani
Kira-kira berapa bulan bisa turun BB nya kak? Supaya bisa punya BB ideal
22:58 11/04/2022
Diah Apriyani, S.Gz ahligizi
Untuk Bb ideal mu sekitar 52,4 kg. Jika konsisten menerapkan tips diet diatas, kamu bisa menurunkan Bb sesuai batasan maksimal yaitu sebesar 0,5-1 kg dalam seminggu atau 2-4 kg dalam sebulan ya... Menurunkan BB juga sebaiknya dilakukan secara bertahap agar tidak mengganggu metabolisme tubuh dan tentunya gak bikin kamu terkena Yoyo Syndrom.
23:04 11/04/2022
Nurhayati Saprani
Yoyo sindrom itu apa ya kak?
23:10 11/04/2022
Diah Apriyani, S.Gz ahligizi
Yoyo syndrome adalah kondisi BB cepat turun tapi juga cepat naik lagi akibat cara diet yang salah
23:17 11/04/2022
Nurhayati Saprani
Ooh begitu kak, jadi diet yang sedang viral seperti diet debm itu belum tentu sehat yaa kak?
23:28 11/04/2022
Diah Apriyani, S.Gz ahligizi
Diet DEBM atau Diet Enak Bahagia Menyenangkan, dengan prinsip diet yaitu rendah karbohidrat dan tinggi protein serta lemak. Diet ini tidak dapat dilakukan dalam jangka waktu panjang karena bisa buat metabolisme tubuh kamu ga seimbang. Sebaiknya kamu bisa diet dengan tetap Gizi seimbang ya dengan komposisiDiet dengan kalori rendah 1200-1500 kkal yg mengandung komposisi seimbang jumlah karbohidrat 45-65 % , protein 15-20% dan lemak 20-25% dari total kalori harian.Jenis makanan yg tinggi serat , karbohidrat dengan Indeks Glikemik rendah, cukup protein dan rendah lemak trans/ lemak jenuh serta menerapkan tips diet yg sudah di sebut sebelumnya yaa 😉
04:46 12/04/2022