[Diet Diabetes Mellitus]
Syarafina Dianati
Halo kak mau konsultasi mengenai penyakit DM. apa saja penyebab dari diabetes yang dialami oada remaja dan bagaimana cara mengobatinya ya kak?
23:46 11/04/2022
Gita Zeny Prasetya, S.Gz ahligizi
Halo kak Syarafina, sebelumnya terima kasih sudah bertanya di DIETDUCATE! :)
Diabetes Melitus ada 2 tipe, tipe 1 biasanya disebabkan oleh kecenderungan genetik, faktor lingkungan, sistem imun dan sel β pankreas; sedangkan tipe 2 disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat seperti berat badan berlebih/obesitas, kurang aktivitas fisik, hipertensi, dislipidemia, diet tidak sehat/tidak seimbang, serta merokok. Nah karena peningkatan DM tipe 2 salah satunya dipengaruhi oleh obesitas, pencegahannya dapat dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti mempertahankan BB ideal, mengatur pola makan, memperbanyak makan buah dan sayur, mengurangi konsumsi gula dan soda, serta memperbanyak aktivitas fisik/olahraga. Untuk pengobatannya yaitu dengan mengupayakan kadar gula darah dalam batas normal tanpa menyebabkan penderita malah menjadi kekurangan glukosa dalam darah (hipoglikemi). Pengelolaan dilakukan dengan pemberian tata laksana yang sesuai baik insulin maupun obat-obatan, pengaturan makan, olahraga, edukasi, serta pemantauan gula darah secara mandiri. Demikian, semoga jawaban saya dapat sedikit membantu, terima kasih! :)
05:18 12/04/2022