[Masalah Berat Badan]
anonim
Mau bertanya, Kalau penderita TB kronis, bagaimana asupan gizi agar BB meningkat.
09:42 12/04/2022
Agung Dirgantara Namangboling, M.Gz.,Dietisien.,AIFO ahligizi
Hallo, terima kasih sudah bertanya di AhliGiziID.
Makanan yang dibutuhkan penderita TBC seperti makanan tinggi kalori dan tinggi protein.
Makanan yang tinggi kalori dan kaya nutrisi untuk memenuhi permintaan metabolisme tubuh yang meningkat sehingga dapat mencegah terjadinya penurunan berat badan yang tidak diinginkan.
Makanan dengan tinggi kalori bisa berupa buah seperti pisang, bubur dari nasi, makanan jenis sereal dan gandum. Selain itu peningkatan asupan protein bisa didapat melalui kacang tanah, putih telur, dada ayam, tahu tempe. Kebutuhan akan vitamin juga diperlukan dalam mengontrol infeksi yang terjadi sehingga penderita TB bisa mengkonsumsi buah dan sayur yang berwarna kuning-oranye seperti jeruk, mangga, pepaya, labu manis, dan wortel, tomat, lemon, jambu biji, jeruk, jeruk nipis.
Makanan yang tidak dianjurkan bagi penderita TB seperti, makanan dengan tinggi gula dan olahan gula dengan pengawet, gorengan, makanan pedas, kopi kental dan teh yang terlalu pekat, minuman alkohol dan softdrink yang mengandung soda.
14:18 12/04/2022