[Diet Maag (Gastritis)]
anonim
Kenapa sering mual
11:25 25/04/2022
Hallo Kak,,, Terimakasih sudah bertanya di Dietducate:
Mual karena maag juga bisa menjadi pertanda dari jenis penyakit maag kronis bahkan hingga menjadi tukak lambung atau ulkus peptikum. Mual karena maag juga sering disebabkan oleh penyakit GERD, dimana makanan dan asam lambung dapat naik hingga menuju tenggorokan dan menimbulkan rasa mual.
Hal-hal yang dapat mengurangi gejala mual karena maag, yakni:
1. Minum air putih secukupnya > Mual karena maag dapat di cegah dengan minum air putih. Konsumsi air putih yang cukup dapat menetralisir kadar asam dalam lambung, sehingga gejala sakit maag dapat berkurang.
2. Makan tidak berlebihan > Pilih makanan yang ringan dan tidak terlalu banyak rasa. Lebih baik makan sedikit tetapi sering, dibandingkan dengan makan sekali namun porsinya banyak. Perut kembung dapat menimbulkan rasa mual, terutama pada penderita maag.
3. Hindari makanan yang berminyak dan gorengan > Makanan yang banyak mengandung lemak membuat lambatnya proses pencernaan. Selain itu, makanan yang banyak mengandung lemak juga menyebabkan perut kembung dan berdampak pada timbulnya rasa mual.
4. Makan perlahan tidak terburu-buru > Istirahat sejenak setelah makan besar dengan membuat posisi kepala sedikit ditinggikan. Hindari melakukan aktivitas berat atau olahraga setelah makan. Sebaiknya menunggu minimal 1 jam setelah makan untuk kembali melakukan aktifitas berat ataupun berolahraga.
5. Konsumsi obat anti mual bila kondisi tidak membaik > Apabila mendapati kondisi mual yang berlebihan, sebaiknya Kakak segera mengonsumsi obat anti mual sesuai dengan dosis yang dianjurkan.
Demikian hal-hal yang dapat mengurangi gejala mual karena maag. Jika gejala mual karena maag masih berlarut, sebaiknya kosnsultasikan diri Kakak ke dokter.
Semoga Membantu 🙂
13:39 25/04/2022