[Masalah Berat Badan]
Ahmad Rifai
Dok saya mau konsultasi . Saya ingin menambah Berat badan ideal dok . Sekarang Berat badan saya 45 kg sedangkan tinggi badan saya 165 cm .
Berat badan idelnya 58. Kg. Kurang 13 kg.
Bagaimana dok cara ampuh untuk menambah berat badan saya ?? Umur saya masih 17 . Tahun . ..
Saya makannya juga banyak dok tapi belum gemuk juga masih kurus .
Gimana dok tips tips menambah berat badan dan makanan apa yang harus di makan beserta suplemen apa ya ?
Saya pengen 3 bulan dari sekarang berat badan saya sudah ideal 58 kg ?
Soalya saya bulan april mau daftar akpol dr .
Mohon di jawab secepatya . Dan se detail nya .
Trimakasih banyak ????
22:39 29/12/2017
Qonita Rachmah, S.Gz., M.Sc(Nutr&Diet) ahligizi
Halo Mas Ahmad,
Wah.. semoga sukses masuk Akpol ya!
Nah, untuk menambah berat badan tentu harus membuat keseimbangan energi positif, artinya energi masuk dari asupan makanan lebih banyak dari energi yang keluar untuk aktivitas, dan tetap seimbang.
Menurut hasil perhitungan, kebutuhan Ahmad dalam satu hari yaitu 2100- bisa ditambah hingga 2400 kalori/hari.
Standar menunya dalam satu hari sbb:
1. Makanan pokok/karbohidrat 6 porsi
2. Sayuran 4 porsi
3. Buah 3 porsi
4. Protein nabati 3 porsi
5. Protein hewani 3 porsi
6. High fat milk 2 porsi
7. Sumber lemak/minyak 3 porsi
8. Gula 3 porsi
1 porsinya seberapa sih? dan apa saja makanannya? Mas ahmad bisa cek di link berikut https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/17/terbaru_terpopuler/Ukuran-Standar-Porsi-Bahan-Makanan -(Food-Exchange-List)
Setelah itu, beberapa porsi dalam sehari diatas dapat dibagi menjadi beberapa kali makan, disesuaikan dengan kebiasaan sehari-hari.
Semangat ya!
Good luck and stay healthy :)
00:22 07/01/2018