[Masalah Berat Badan]
anonim
Saya wanita usia 25 tahun dengan riwayat penyakit maag dan typhus. Dari dulu BB saya selalu nge-stuck dan sulit sekali turun (kecuali dgn diet ekstrim yg berujung terjadi yoyo effect). Walaupun normal, imt saya cenderung mendekati berat. Saya memiliki lemak di perut dan paha. Kira-kira diet seperti apa ya yg cocok untuk saya lakukan?
16:07 17/05/2022
Dita Oktaviani, S.Gz ahligizi
Diet yang tepat adalah diet gizi seimbang yang mana disetiap makan utama terdapat karbohidrat, lauk hewani/nabati, sayur dan buah. karna ada riwayat maag dan typhus ada baiknya tepat jadwal makan (3x makan utama, 1-2x selingan atau snack).
Hindari makanan berlemak tinggi, asam, pedas, bergas karna dapat merangsang asam lambung. beberapa yg dihindari yaitu: ketan, tape, jeroan (otak, usus, paru, babat), makanan yang diawetkan (daging asap, kornet, sarden, sayuran bergas seperti daun singkong, kol, sawi, kailan, pokcoy, lobak, asparagus, buahan seperti durian, nagka, kedondong, minuman bersoda dan beralkohol, kopi dan teh kental, cabe, merica dan cuka yang tajam.
penumpukan lemak di perut dan paha bisa terjadi karna kurangnya aktivitas fisik dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk atau bersantai. untuk sehari-hari perbanyak aktifitas non olahraga seperti berjalan kaki, menaiki tangga, membersihkan rumah. Barengi dengan berolahraga secara teratur (cardio/weight) 150menit/minggu (3x/minggu dengan durasi 60 menit atau 5x/minggu dengan durasi 30 menit) dapat membantu mengurangi penumpukan lemak ditubuh.
Penurunan berat badan yang direkomendasikan aman adalah 0.5 - 1kg/minggu
Semoga penjalasan saya bisa membantu. Apabila ada yang kurang jelas bisa ditanyakan kembali, Terima Kasih
15:37 19/05/2022