[Masalah Berat Badan]
anonim
Hallo dok, dulu bb saya 50 setelah hamil bb saya naik menjadi 60, setelah melahirkan bb saya 53 , dan mencoba KB bb saya malah naik sampe 61, nafsu makan sayaa ga bisa dikontrol saya sudah termasuk obesitas 1,
12:36 18/05/2022
Dita Oktaviani, S.Gz ahligizi
Pengguanaan atau konsumsi KB memang bisa meningkatkan berat badan karena hormon buatan didalamnya bisa meningkatkan nafsu makan pada sebagian wanita dan penumpukan cairan di dalam tubuh sehingga badan terasa lebih besar. Kunci utama untuk menjaga berat badan selama penggunaan KB adalah dengan pola makan yang sehat dan seimbang. Batasi asupan karbohidrat olahan, seperti pasta, mi, dan roti putih, yang bisa membuat nafsu makan tidak terkendali dan cepat lapar lagi setelah makan. Sebagai gantinya, konsumsi lah buah-buahan, sayuran, gandum utuh, dan kacang-kacangan. Perbanyak juga konsumsi protein, seperti ikan, tahu, tempe, dan produk susu rendah lemak, untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Selain itu, jangan sampai lewatkan waktu sarapan dan selalu kontrol porsi makan. Perbanyak minum air Putih. Air putih akan membuat merasa kenyang, sehingga keinginan untuk makan atau ngemil bisa dikurangi. Walaupun penumpukan air dalam tubuh meningkat karna konsumsi KB, namun mencukupi kebutuhan air Putih dapat menurunkan penumpukan cairan. konsumsi lah 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter. Rutin berolahraga minimal 30 menit sehari untuk membantu defisit kalori, terhindar dari penyakit dan memperbaiki mood. Istirahat atau tidur yang cukup 7-9 jam. Kurang istirahat bisa meningkatkan hormon ghrelin yang bisa meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan berat badan. terakhir, temui dokter untuk pemilihan KB yang cocok dengan kamu.
15:59 19/05/2022