[Diet Diabetes Mellitus]
Nolli Nofianda
pengaturan makanan
14:57 18/05/2022
Hallo Kak Nolli,, Terimakasih Sudah bertanya di Dietducate:
06:04 19/05/2022
Makan tiga kali sehari dan jangan lewatkan waktu makan
Lengkapi setiap porsi makan dengan makanan karbohidrat yang lebih kompleks meliputi roti gandum, oat, dan kentang.
Makan lebih banyak buah dan sayuran. Makan 3 – 5 porsi sayur sehari secara perlahan namun teratur.
Kurangi gula dan makanan manis. Diet bebas gula tidak perlu benar- benar dipatuhi dengan ketat, gula dapat dipakai sebagai salah satu bahan didalam makanan, misalnya didalam sereal sarapan gandum utuh. Konsumsi maksimum gula sebesar 5% dari total kebutuhan energi sehari. Minuman manis dapat diganti dengan minuman bebas gula.
Kurangi garam dengan membatasi jumlah asupan makanan olahan serta garam tambahan. Rempah dan bumbu dapat digunakan sebagai alternatif.
Dalam melaksanakan diet, penderita DM tipe 2 harus mengikuti anjuran 3J, yaitu jumlah makanan, jenis makanan dan jadwal makanan.
Semoga membantu🙂
Jika masih ada yg mau ditanyakan silahkan chat dikolom chat ya kak..
06:05 19/05/2022