[Masalah Berat Badan]
anonim
Hallo dok umur saya 20 THN berat badan saya 81 kg saya menderita obesitas bagaimana cara saya agar bisa menurunkan berat badan saya Saya sudah menjalankan diet tapi sepertinya diet yg saya lakukan ekstrim seperti pagi hanya hanya memakan sedikit lauk jika tidak ada sayur di rumah ,saya sudah tidak mengkonsumsi nasi dan saya sehari hanya makan 2 kali sorenya saya hanya meminum chia sheed biji2an berat badan saya sehari turun dengan cepat tapi ketika saya makan ikut naik juga bagimana ya dok apa itu tidak baik ya saya juga melakukan olahraga ringan 20 menit sehari saya sudah melakukan diet pada awal bulan mei dari berat saya 85 kg skrng sudah 81 kg dok tapi badan saya tetap besar apa karena turunnya baru dikit ya ?
08:53 22/05/2022
Dita Oktaviani, S.Gz ahligizi
Halo, terima kasih sudah bertanya di Dietducate Untuk menurunkan berat badan harus defisit kalori namun tetap dengan prinsip diet gizi seimbang yang mana disetiap waktu makan besar terdapat karbo, lauk pauk, sayur dan buah. Juga frekuensi makan 3x makan utama 1-2x selingan. Ada baiknya tidak skip waktu makan, karna bisa membuat nafsu makan lebih tinggi dan berpotensi makan lebih banyak. Hindari makanan berlemak tinggi, makanan/minuman manis tinggi kalori. Perbanyak sayuran dan buahan. Saat makan besar terapkan porsi piring T. Jika yang anda maksud berat badan naik setelah habis makan langsung nimbang, tentu ya. Namun peningkatan berat badan setelah makan adalah normal. Karna makanan dan minuman memiliki berat. Namun tidak usah khawatir. Untuk membantu defisit kalori selain dari pengurangan porsi makan juga dengan meningkatkan aktivitas. Baik aktivitas non olahraga maupun olahraga. Lakukan dengan konsisten 5-6x/minggu. Jangan lakukan olahraga setiap hari karna otot tubuh butuh istirahat untuk recovery. Jika tidak, tubuh akan stress dan cenderung meningkatkan berat badan. Untuk memantau progress penurunan BB, ukurlah berat badan 1x seminggu. Rekomendasi penurunan berat badan yang aman yaitu 1-2% dari total badan.
12:36 22/05/2022
anonim
1-2% itu maksudnya bagaimana ya dok
19:25 22/05/2022
Dita Oktaviani, S.Gz ahligizi
misal berat awal 81kg, berarti 2% dari 81 yaitu 1.6kg. Jadi dalam 1 minggu turun 1.6kg
19:44 22/05/2022