[Lanjut Usia]
Ayi Nuraisah
Bagaimana pola menu yang baik untuk lansia
09:45 28/05/2022
Agung Dirgantara Namangboling, M.Gz.,Dietisien.,AIFO ahligizi
Hallo, terima kasih sudah bertanya di AhliGiziID. Pola menu yang baik yang dapat diterapkan bagi lansia seperti jenis menu yang tidak monoton atau bisa dibuat pengaturan mennu untuk siklus 7 hari/per minggu, penggunaan sumber lemak tidak jenuh tunggal atau lemak tidak jenuh ganda untuk mengolah masakan. Penggunaan minyak tidak melebihi dari 5 sendok makan per hari, lebih banyak menyajikan makanan sumber karbohidrat kompleks dari pada karbohidrat sederhana dengan maksimal penggunaan gula 4 sendok makan per hari, untuk lansia dengan hipertensi penggunaan garam tidak melebihi 1500mg/hari, lansia harus cukup serat dan vitamin untuk itu variasi sayur dan buah sangat direkomendasikan. Aktifitas fisik yang cukup seperti berjalan kaki atau senam lansia juga dianjurkan untuk menjaga kebugaran tubuh.
20:50 29/05/2022