[Masalah Berat Badan]
anonim
Saya seorang mahasiswa yg memiliki aktivitas tidak terlalu berat. Saya ingin menambah berat badan dan saya sudah berusaha dari dulu tapi tidak naik2 juga. Tinggi badan saya 147cm dan bb saya 33kg. Bagaimana solusinya? Terimakasih????
20:32 30/12/2017
Qonita Rachmah, S.Gz., M.Sc(Nutr&Diet) ahligizi
Halo there,
Pada prinsipnya, untuk menambah berat badan tentu harus membuat keseimbangan energi positif, artinya energi masuk dari asupan makanan lebih banyak dari energi yang keluar untuk aktivitas, dan tetap seimbang.
Menurut hasil perhitungan, kebutuhan anda dalam satu hari yaitu 1700 kalori- bisa ditambah hingga 2000 kalori/hari.
Standar menunya dalam satu hari sbb:
1. Makanan pokok/karbohidrat 5 porsi
2. Sayuran 4 porsi
3. Buah 3 porsi
4. Protein nabati 3 porsi
5. Protein hewani 3 porsi
6. High fat milk 1 porsi
7. Sumber lemak/minyak 4 porsi
8. Gula 3 porsi
1 porsinya seberapa sih? dan apa saja makanannya? Anda bisa cek di link berikut https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/17/terbaru_terpopuler/Ukuran-Standar-Porsi-Bahan-Makanan -(Food-Exchange-List)
Setelah itu, beberapa porsi dalam sehari diatas dapat dibagi menjadi beberapa kali makan, disesuaikan dengan kebiasaan sehari-hari.
Semangat ya!
Good luck and stay healthy :)
00:26 07/01/2018