[Masalah Berat Badan]
Amrullah Sapit
Apakh bergadang pada malam hari bisa menurunkan berat badan?
13:08 08/06/2022
Septimike Yourintan Mutiara, A.Md. Gz ahligizi
Selamat siang kak Amrullah, terima kasih sudah bertanya😊 Saya ijin menjawab pertanyaannya ya. Penurunan berat badan terjadi apabila seseorang mengalami defisit energi, artinya asupan energi dari makanan kurang dari kebutuhan dalam kurun waktu tertentu. Defisit energi ini bisa terjadi ketika seseorang mengurangi porsi makannya, sehingga kekurangan energi untuk melakukan aktivitas yang akhirnya tubuh menggunakan cadangan energi berupa glukosa, protein dan lemak yang tersimpan dalam tubuh. Penurunan BB ini juga bisa dipengaruhi faktor lain, seperti adanya penyakit infeksi. Kalau pertanyaan apakah begadang bisa menurunkan BB, jawabannya adalah tidak. Justru beberapa penelitian menyebutkan kejadian obesitas/kelebihan BB berhubungan dengan kebiasaan begadang. Pemahaman yang perlu diluruskan disini adalah bahwa penurunan BB bukan disebabkan karena begadang, melainkan karena ternjadi defisit energi dan juga didukung oleh kebiasaan2 lain. Sekian jawaban yang bisa saya berikan, semoga dapat dipahami 😊
13:31 08/06/2022
Amrullah Sapit
Apakh makanan dan minuman yang mengandung pengawet berbahay bagi tubuh?
13:37 08/06/2022
Sebelumnya kita perlu memahami bahwa pengawet ada 2 jenis, yaitu pengawet alami dan buatan yang menggunakan bahan kimia. Pengawet alami biasanya menggunakan bahan alami seperti gula, garam, cuka untuk mengawetkan makanan. Contoh, manisan kering yang menggunakan gula atau telur asin yang memanfaatkan garam sebagai bahan pengawet. Ada juga pengawet buatan yang menggunakan bahan kimia. Untuk pengawet yang menggunakan bahan kimia ini harus mengikuti peraturan perundang-undangan yang ada. Dibahas dalam PerPOM RI No. 11, 2019. Contoh dari pengawet bahan kimia ini adalah asam benzoat, asam sitrat, natrium sorbat, dll. Jika penggunaan pengawet dari bahan kimia ini sesuai yang dianjurkan. Maka aman-aman saja untuk dikonsumsi. Tetapi ada beberapa bahan kimia yang tidak diperuntukkan untuk pengawet makanan namun digunakan untuk mengawetkan makanan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Contohnya boraks dan formalin, kedua bahan itu digunakan untuk pengawet sintetis. Jika dimasukan ke dalam bahan makanan lalu dikonsumsi, maka itu yang berbahaya. Sekian jawaban yang bisa saya berikan 😊
13:56 08/06/2022
Amrullah Sapit
Berapa cm tinggi pria dan wanita dewasa yang paling pas dan sesua dengan berat badannya?
14:02 08/06/2022
Sebenarnya tidak ada standar khusus berapa tinggi badan yang ideal, tetapi ada rentang untuk berat badan ideal sesuai tinggi badan seseorang. untuk menilai apakah berat badan kita sudah idel atau belum bisa menggunakan rumus IMT (Indeks Massa Tubuh), rumusnya: BB [cm] : (TB [m]) x (TB [m]) Klasifikasi : BB kurang = <18,5 BB normal = 18,5-22,9 BB lebih = 23-24,9 Obesitas tingkat I = 25-29,9 Obesitas tingkat II = >29,9
14:07 08/06/2022
Amrullah Sapit
Saya pernah baca di google bahwa tinggi ideal pria 168 cm dan wanita 159 cm,itu menurut angka kecukupan gizi dari kementerian kesehatan,apakh itu benar dari kementerian kesehatan atau tidak?
14:15 08/06/2022
Amrullah Sapit
Apakh benar itu atau tidak ?
15:04 08/06/2022
Perlu diluruskan disini. AKG (Angka Kecukupan Gizi) adalah nilai yang menunjukkan kebutuhan rata-rata zat gizi tertentu yang harus dipenuhi setiap hari bagi hampir semua orang dengan karakteristik tertentu untuk hidup sehat. Nah, BB dan TB yang tercantum pada AKG adalah rata-rata BB dan TB orang Indonesia, tetapi angka itu bukanlah patokan BB/TB ideal 😊
15:10 08/06/2022
Amrullah Sapit
Ada dua orang pria dewasa yang satu tingginya 170 cm dengan berat 60 kg dan usianya 24 th,dan kedua tingginya 174 cm dengan berat 70 kg dan usianya 25 th,mana yang lebih bagus jika dinilai dari tingginya,apakh yang tingginya 170 cm ataukh yang 174 cm?
15:20 08/06/2022
Saya coba menilai berdasarkan perhitungan menggunakan IMT ya Kak, Pria 1 BB 60kg TB 170cm, IMT = 20,7 kg/m^2 (Normal) Pria 2 BB 70kg TB 174cm, IMT = 23,6 kg/m^2 (BB Lebih)
15:37 08/06/2022
Amrullah Sapit
Berapa kg berat normalnya kalu tingginya 174 cm?
15:42 08/06/2022
Untuk TB 174 cm, BB idealnya adalah kisaran 61-75 kg
15:57 08/06/2022
Amrullah Sapit
Kalau dinilai dari segi tingginya,mana yang lebih bagus,apakh yang tingginya 170 cm ataukh yang 174 cm?
16:00 08/06/2022
untuk yg TB 170, tubuhnya lebih ideal jika dibandingkan dgn TB 174
16:23 08/06/2022
Amrullah Sapit
Maksud saya kalau dinilai hanya dari tingginya saja,mana yang lebih bagus jika keduanya ideal dengan berat dan tingginya ,apakh yang 170 cm ataukh 174 cm?
16:30 08/06/2022
Amrullah Sapit
Kalau yang tingginya 170 cm IMT 20,7kg dan yang 174 IMT nya 22,9,mana yang lebih bagus jika dinilai dari tingginya,apakh yang tingginya 170 cm ataukh yang 174 cm?
16:36 08/06/2022
Jika keduanya BB nya idela, untuk TB mana yang lebih baik, mohon maaf saya tidak bisa menilai kak, karena menurut saya TB itu relatif. Pertumbuhan setiap orang kan berbeda-beda, jadi tidak bisa dinilai mana yang lebih baik. Asal kondisi keduanya tidak sakit, konsumsi makanan yang bergizi seimbang, menerapkan hidup bersih dan sehat, insyaAllah keduanya baik 😊
16:58 08/06/2022
Amrullah Sapit
Mohon maaf,memang tinggi badan itu relatif menurut orang,kalau menurut mbak yang mana,apakh yang 170 cm ataukh yang 174 cm?
17:19 08/06/2022
Amrullah Sapit
Mohon jawabannya
18:20 08/06/2022
Menurut saya pribadi keduanya baik πŸ™
18:24 08/06/2022
Amrullah Sapit
Berapa cm tinggi badan pria dewasa yang dikatakan terlalu tinggi itu?
18:32 08/06/2022