[Kehamilan]
Averrin septia
Diet untuk kehamilan dan contoh menunya
10:47 14/06/2022
Amalia Puspita, S.Tr.Gz ahligizi
Pengaturan makan/ diet yang tepat bagi ibu hamil yaitu dengan mengonsumsi makanan dengan pola gizi seimbang, protein yang cukup dan serat yang cukup .
pada trimester awal kebutuhan energi pada ibu hamil bertambah 600 kkal perhari .
tentu saja pilihan protein hewani dan nabati sangat penting untuk menjaga kadar hemoglobin pada darah utuk mencegah anemia pada kehamilan , dan juga konsumsi makanan sehat, segar dan minim pengawet sangat dianjurkan untuk pertumbuhan janin yang optimal ,zat gizi yang cukup dan mencegah hipertensi /tekanan darah tinggi selama kehamilan .
pola tidur dan pola konsumsi zat besi dan asam folat juga sangat penting diperhatikan .
contoh bahan makanan yang baik dikonsumsi ibu hamil : ayam,ikan,daging
sapi,telur,teri basah,kacang merah, tempe,tahu,kacang hijau,sayuran hijau,semua jenis sayuran,buah tinggi vit c untuk meningkatkan penyerapan zat besi,karbohidrat kompleks seperti nasi,mie, roti,kentang 6 penukar/porsi, gula garam minyak secukupnya .
makanan yang kurang baik dikonsumsi, segala lauk hewani yang diolah dengan dibakar sampai gosong, ikan asin,teri asin, makanan instan,junk food ,tidak konsumsi sayuran, makanan ber gas tinggi seperti durian,nangka,sayuran mentah,teh,kopi .
semoga lancar kehamilannya dan jelas infonya ya bun
salam dr nutrisionis ahligiziid :)
11:36 14/06/2022