[Masalah Berat Badan]
Nurlina Mappa
BB nya cepat naik tapi turunnya susah. Solusinya?
01:32 20/06/2022
Agung Dirgantara Namangboling, M.Gz.,Dietisien.,AIFO ahligizi
Hallo, terimakasih sudah bertanya di AhliGiziID.
Untuk mencegah terjadinya kelebihan berat badan yang tidak diinginkan dapat membatasi asupan makanan tinggi kalori, perbanyak konsumsi sayur dan buah, hindari mengkonsumsi makanan/minuman dalam kemasan yang mengandung pemanis buatan. Melakukan aktifitas fisik berjalan kaki, bersepeda atau latihan yang menggerakan bagian bagian otot seperti push up, pullup, chinning up, squat atau angkat beban secukupnya dan menerapkan defisit kalori sedikit demi sedikit sesuai kemampuan, biasakan sarapan pagi dengan buah. Ganti cemilan harian dengan buah segar.
Yang perlu diingat bahwa berat badan tidak bisa diturunkan secara drastis dalam waktu singkat, semua butuh proses dan waktu samahalnya dengan saat kita menaikan berat badan.
Sederhananya penurunan berat badan terjadi akibat energi yang masuk kedalam tubuh yang berasal dari makanan kita sehari-hari kurang dari kebutuhan energi normal yang akan dipakai untuk aktifitas tubuh, yang biasa disebut defisit. Penurunan BB normal berkisar antara 500gram hingga 1000gram per minggu jika jumlah energi yang masuk kedalam tubuh dan aktifitas atau exercise sehari-hari diatur dengan baik.
21:30 20/06/2022