[Masalah Berat Badan]
anonim
Izin bertanya, saat ini saya sedang pengobatan TB paru dan sedang konsumsi obat rutin, berat badan saya naik terus, padahal porsi makan saya sama seperti sebelumnya, apakah ada pengaruh dari obat tsb? Dan apakah ketika pengobatan sudah selesai bb saya bisa kembali seperti awal?
18:22 10/07/2022
Hallo,,, Terimakasih sudah bertanya di Dietducate:
_Ketika dilakukan pengobatan TB paru dan pengobatan berjalan baik maka bisa saja tejadi peningkatan berat badan. Hal ini bisa disebabkan karena dengan pengobatan yang tepat proses infeksi sudah lebih terkendali.
Namun selain karena respon pengobatan, peningkatan berat badan juga dipengaruhi oleh asupan kalori melebihi energi yang dibutuhkan, kurang olahraga, aktivitas sehari-hari, dan metabolisme tubuh.
Dalam kondisi masa penyembuhan, sebaiknya memang menjalankan pola hidup sehat dengan pengaturan makanan yang tepat dan olahraga teratur, tetapi hindari melakukan diet ketat dan olahraga berat ya.
_Bisa memperbanyak konsumsi sayur, buah, dan protein serta mengurangi konsumsi makanan dan cemilan tidak sehat atau tinggi kalori, misalnya kripik, kerupuk, fast food, kue. Perbanyak juga air putih dan kurangi minuman manis. Untuk olahraga, bisa melakukan olahraga ringan 3-4x/minggu terlebih dulu misalnya jogging, bersepda, jalan santai, Aerobik. Intensitas olahraga bisa ditingkatkan secara bertahap dan akan lebih maksimal setelah selesai pengobatan ya. bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter saat kontrol pengobatan mengenai diet sehat dan olahraga yang disarankan untuk menjaga berat badan ideal ketika pengobatan ya.
Semoga Membantu 🙂
05:35 11/07/2022
Jika masih ada yang mau ditanyakan silahkan chat dikolom chat ya...
05:36 11/07/2022