[Anak Sekolah & Remaja]
anonim
Untuk mengatasi anak yang suka pilih2 makanan bagaimana sih??
Sedangkan kalaupun mau masak juga terbatas waktu dan tdk sempat. Sedangkan si anak ini masuk di kategori kurus. Sampai2 trkadang sy rela buat makan larut malam agar dia jg ikut makan. Alhasil stelah dia tidur, sy "mencak-mencak" dulu baru tidur. Maklum sy jg lagi proses kontrol berat badan hehe
22:04 30/12/2017
Muhammad Iqbal Basagili, S.Gz., M.P.H. (Nutr & Diet) ahligizi
Dear Bunda,
Biasanya memilih-milih makanan (picker eating) terjadi saat memasuki fase Batita setelah disapih dr ASI. Dan ini yang membuat para bunda biasanya pusing dan khawatir. Khawatir kebutuhan gizinya tak terpenuhi.
Ada beberapa cara untuk mengatasi anak suka pilih-pilih makanan:
1. Jangan memaksa makanan yang anak tidak suka, hal tersbut hanya akan membuat si Anak trauma dan kesan makanan tersebut jadi buruk meskipun menyehatkan.
2. Jangan biasakan nyemil terlalu banyak. Anak yang kenyang karena snack cenderung tidak akan makan makanan berat.
3. Buatlah makanan bervariasi, banyak warna dan bentuk2 lucu.
4. Lakukan hal-hal yang menyenangkan ketika makan, seperti bercerita atau mainan.
Semoga bermanfaat bunda, silahkan bila kurang jelas :-)
09:39 31/12/2017