[Masalah Berat Badan]
Hisyam Aditya
dok,saya umur 17 tb 159 bb sekarang 44, gizi yang pas untuk menambah tinggi badan yang optimal itu kira berapa yah? dan saya juga kesusahan untuk menambah berat badan
09:29 20/03/2019
Mirna Rahmasari, S.Gz ahligizi
Terima kasih kak Hisyam Aditya atas pertanyaannya. Untuk menambah tinggi badan dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium, protein, dan vitamin D, seperti susu dan ikan. Selain itu, hindari konsumsi kafein. Kemudian jaga pola tidur dan jangan lupa berjemur pada pagi hari untuk mengoptimalkan vitamin D. Untuk menambah berat badan dapat dimulai dengan menaikkan porsi makanan sedikit demi sedikit sekitar 500 kkal per hari untuk mendapatkan kenaikan badan 0,5-1 kg/minggu. Angka kecukupan gizi untuk laki-laki usia 16-18 tahun yaitu energi 2650 kkal, protein 75 g, lemak 85 g, karbohidrat 400 g, air 2300 ml, vitamin D 15 mcg, kalsium 1200 mg. Semoga dapat membantu.
11:37 29/04/2020