[Gizi Olahraga & Kebugaran]
Eka Diah
sudah hampir 2 hari sarapan menggunakan oatmel dan smoothie tapi sebelum jam makan siang masih saja lapar
01:30 17/07/2022
Septimike Yourintan Mutiara, A.Md. Gz ahligizi
Selamat pagi kak Eka, terima kasih sudah bertanya. Saya ijin untuk menjawab pertanyaannya ya. Rasa lapar seseorang diatur oleh hormon ghrelin dan hormon ini akan meningkat produksinya ketika kita dalam kondisi gula darah kurang atau lambung kosong. Hormon ghrelin yang meningkat ini akan memberi sinyal kepada otak sehingga muncul rasa lapar. Pada kondisi seseorang yang sehat (tanpa gangguan produksi hormon), munculnya rasa lapar ini menandakan bahwa lambung kosong dan memang sedang membutuhkan makanan pada saat itu. Jeda waktu pengosongan lambung ini -+ 4 jam setelah kita makan, misal kak Eka sarapan jam 7 pagi, kemudian apabila sekitar jam 11/12 siang mulai lapar lagi itu adalah hal yang wajar. Menurut Kemenkes, idealnya setelah sarapan dan makanan utama (makan siang/malam) kita dianjurkan untuk konsumsi makanan selingan bisa berupa buah atau jajanan. Hal ini ditujukan untuk menghindari lambung kosong terlalu lama yang dapat mengakibatkan asam lambung naik, dan menghindari maag. Sekian dari saya, semoga menjawab kak😊
05:07 17/07/2022