[Anak Sekolah & Remaja]
anonim
Apakah laki laki umur 13 boleh mulai workout/gym? akan kah menghambat pertumbuhan?
19:52 17/07/2022
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hallo ,,, Terimakasih sudah bertanya di Dietducate: _kebanyakan masyarakat awam ketahui, melakukan olahraga berat akan mengganggu pertumbuhan tinggi badan seseorang. Justru olahraga bila dilakukan dengan benar, dapat memicu peningkatan aliran darah ke anggota gerak yang kemudian menstimulasi pertambahan tinggi badan. Yang perlu menjadi fokus disini adalah olahraga berat apa yang maksud, dan apakah dilakukan sendiri atau dengan pengawasan ahli. Sebab yang ditakutkan bila remaja dengan usia semuda itu melakukan olahraga berat bukanlah gangguan pada pertumbuhannya, tapi potensi cedera yang mungkin dialaminya. Hal ini karena bahkan orang dewasa saja sangat mungkin mengalami cedera ketika menjalani olahraga berat, apalagi anak-anak. Dan bila tidak ada yang mengawasi, mungkin dampaknya bisa lebih fatal. Oleh karena itu, jika ingin melakukan olahraga berat di usia 13 tahun, harus melakukannya dibawah pengawasan ahli, yang mana ahli tersebut juga memiliki pengetahuan kesehatan dibidang olahraga tersebut. Dan juga harus memiliki kontrol terhadap diri sendiri. Jika sudah merasa kelelahan atau tidak sanggup, jangan paksakan diri . Dan untuk memaksimalkan potensi tinggi badan, cukupkan istirahat, penuhi kebutuhan nutrisi, dan kelola stress dengan baik. Sekian, semoga menjawab pertanyaannya 🙂
20:35 17/07/2022