[Masalah Berat Badan]
anonim
Saya obesitas karena sering sakit dan nafsu makan meningkat saat, ingin menurunkan berat bb
06:45 22/07/2022
Diah Apriyani, S.Gz ahligizi
Halo Kak Fikeniama, Obesitas atau kegemukan bisa jadi di sebabkan karena:
Konsumsi kalori tidak seimbang (kalori yang masuk lebih banyak dibanding yang dikeluarkan tubuh), Kurangnya aktivitas dan malas olahraga, adanya perubahan gaya hidup, kebiasaan makan yang berlebih serta pilihan makanan atau snack yang tidak sehat ( tinggi garam, lemak dan gula), Faktor genetika (keturunan), dan adanya riwayat keluarga : obesitas, diabetes, hipertensi, penyakit kardiovaskuler (jantung), Dislipidemia (kelebihan kadar lemak darah), obesitas yang berhubungan dengan kanker, gangguan hormon tiroid).
Kemudian agar diet kamu menyenangkan, menyehatkan dan berhasil, kamu bisa lakukan langkah berikut :
* Diet Rendah Kalori 1200-1500 kkal yang mengandung zat gizi seimbang, seperti karbohidrat (nasi/kentang/mie/roti), protein rendah lemak (ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, telur, ikan, tahu/tempe, kacang-kacangan), serat (sayur dan buah)
* Makan dengan jadwal yang teratur yaitu 3 kali makan padat dan 2 kali selingan.
* Lakukan olahraga teratur setiap hari selama 30 menit atau 3 kali seminggu selama 60 menit
* Lakukan semua kegiatan sebagai kebiasaan yang menyenangkan disertai motivasi yang kuat dalam diri sendiri untuk disiplin melakukan program penurunan BB
* Melakukan gaya hidup sehat dengan konsumsi air putih min 8-10 gls/hari, istirahat cukup 6-8 jam dan selalu berpikir positif.
*Biasakan makan dengan pola piring T, yaitu setengah piring berisi sayuran, setengah piring lagi dibagi 2 menjadi seperempat piring berisi nasi dan seperempat sisanya berisi lauk.
Sehat selalu Ka :)
09:47 28/07/2022