[Mitos atau Fakta ? (HOAX or Not)]
anonim
Apakah santan menyebabkan kolesterol?
13:11 25/07/2022
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hallo Kak,,, Terimakasih sudah bertanya di Dietducate: _Mitos ya kak _Demi meningkatkan cita rasa dan kelezatannya, beberapa masakan diolah dengan campuran santan. Opor, lodeh, hingga kudapan seperti kolak atau minuman segar seperti es cendol pun mengandung santan untuk membuat rasanya semakin enak. Sayangnya, sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa santan memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi pengidap kolesterol dan hipertensi. Benarkah? Kalau ditelusuri, santan ini berasal dari buah kelapa, tepatnya perasan dari daging kelapa yang telah diparut. Nah, air dan buah kelapa disinyalir sangat menyehatkan, bahkan dianjurkan untuk dikonsumsi karena bisa membantu mengeluarkan racun alias detoks pada tubuh. Lalu, bagaimana santan dapat menyebabkan kolesterol tinggi?  Santan dan Kolesterol Ternyata, santan tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali, alias nol miligram. Pada porsi 100 gram santan, hanya ada sekitar 230 kalori, 5,54 gram karbohidrat, sodium, protein, lemak tidak jenuh ganda, lemak tidak jenuh tunggal, dan lemak jenuh. Nah, lantas apa hubungannya santan dan kolesterol? Ternyata, ini ada pada kandungan lemak jenuh santan yang berada pada angka 21 gram.  apa masih ada yang mau ditanyakan kak?
08:38 26/07/2022