[ASI & Menyusui]
sucining rahmasari
Ijin bertanya, bagaimana tips dan trik persiapan meng-ASI agar nantinya ASI keluar tepat waktu dan saat menyusui puting tidak lecet?
21:42 25/07/2022
Hallo Kak Sucining,,, Terimakasih sudah bertanya di Dietducate:
1. Menjaga kebersihan puting > Jagalah selalu kebersihan puting sejak awal kehamilan hingga memasuki masa menyusui. Saat membersihkan, pastikan tidak menggosoknya terlalu keras karena hanya akan melukai puting. Sebaliknya, bersihkan puting secara perlahan dan gunakan handuk lembut saat membersihkannya.
2.Memperhatikan asupan nutrisi > Pastikan juga tetap mendapat nutrisi yang cukup saat tiba masa menyusui. Zat besi, kalsium, karbohidrat, dan garam adalah nutrisi-nutrisi yang perlu di penuhi ketika masa menyusui. Makanan dan minuman yang baik dikonsumsi untuk mendapatkan nutrisi-nutrisi tersebut meliputi biji-bijian, susu, serta sayuran hijau.
3. Melakukan teknik relaksasi >Teknik relaksasi dengan mengatur pernapasan dapat bermanfaat pada ibu hamil untuk proses menyusui. Umumnya pada masa-masa menyusui, ibu harus memiliki ketenangan ekstra untuk menenangkan bayi dan menuntunnya untuk menyusu hingga mencukupi kebutuhannya.
4. Membeli perlengkapan menyusui sesuai kebutuhan > Bra khusus menyusui merupakan salah satu hal yang dapat dibeli sejak masa akhir kehamilan. Bra tersebut umumnya berukuran besar sehingga dapat mendukung payudara yang dipenuhi air susu ibu (ASI). Selain itu, bra menyusui memiliki bagian depan, semacam jendela, yang dapat mempermudah proses menyusui bayi nantinya. Bantal menyusui juga bisa dimanfaatkan untuk membuat bayi tetap nyaman saat menyusui, sekaligus mencegah rasa sakit pada leher atau bahu pada ibu.
5. Mempersiapkan pasangan untuk mendukung proses menyusui > Menyusui bukan hanya sekedar hubungan antara ibu dan bayi. Suami yang kelak akan menjadi Ayah, juga merupakan faktor penting yang turut menentukan kesuksesan proses menyusui. Ibu menyusui yang mendapat dukungan pasangannya mampu untuk menyusui lebih lama.
Semoga membantu 🙂
10:08 26/07/2022
sucining rahmasari
Sejak umur kehamilan berapa payudara mulai dibersihkan ya kak?
11:49 26/07/2022