[Anak Sekolah & Remaja]
Dealova Putri Callista
Selamat pagi kak..kak bagaimana cara menurunkan berat badan?saya sudah menghindari makanan yang digoreng,dan mengganti semua bahan masakan yg bebas gula,gluten free tapi berat badan saya ga turun
09:37 06/08/2022
Septimike Yourintan Mutiara, A.Md. Gz ahligizi
Selamat malam kak Dea, saya coba bantu jawab pernyataan kak Dea ya
Mohon maaf sebelumnya kalau boleh tau, kak Dea sudah berapa lama menjalankan pola makan spt yang kakak jelaskan? Hal yang perlu diketahui adalah dalam proses penurunan BB dengan cara yang sehat memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, kuncinya adalah konsisten.
Sebenarnya jika kondisi kesehatan kak Dea tidak ada masalah (tidak sedang sakit/memiliki riwayat penyakit penyerta), tidak masalah jika kak Dea masih mengonsumsi gula dan makanan yang mengandung gluten, asalkan jumlah konsumsinya masih dalam batas yang dianjurkan. Jika kak Dea merasa sudah mengatur pola makan sedemikian rupa tapi berat badan belum juga menurun, berarti asupan energinya masih belum defisit.
Berat badan akan berkurang jika terjadi defisit energi dalam kurun waktu tertentu dan penurunan BB yang dikatakan sehat adalah 0,5-1 kg/minggu.
Jika boleh saya sarankan, mungkin kak Dea bisa coba alihkan fokusnya untuk merubah pola makan dan pola hiduo ke arah yang lebih sehat dengan memperhatikan kualitas dan kuantitas makanan, bukan hanya berfokus pada angka timbangan saja. Kak Dea bisa mengikuti anjuran dari kemenkes dengan konsumsi makanan sesuai anjuran Isi Piringku dengan komposisi setiap kali makan dalam 1 piring adalah 1/3 piring berisi makanan pokok (contoh: nasi, kentang, jagung, umbi2an, dll), 1/3 piring berisi sayuran (sayurnya bebas yang disukai), 1/3 lagi berisi lauk pauk protein hewani dan nabati (contoh: tahu, tempe, kc. kedelai, kc. ijo, kc. merah, ikan, dg. ayam, sapi, dll). Jangan lupa untuk tetap membatasi makanan yang berlemak dan memilih makanan yang diolah dengan cara ditumis, direbus, dan dikukus, batasi juga gula dan garam, konsumsi air putih 8 gelas per hari, dan melakukan aktifitas fisik.
Sekian jawaban dari saya, semoga membantu. Semangattt ✌️
20:06 08/08/2022