[Lainnya......]
Nur Fajriah Khumaeyroh
Makanan yang dilarang dan diperbolehkan untuk penderita penderita batu ginjal
09:54 29/08/2022
batasi konsumsi jeroan dan seafood, serta tahu tempe dan sayuran hijau. kurangi konsumsi kopi dan teh. konsumsi air mineral 2 liter per hari. sayuran yang aman dikonsumsi seprti labu labuan : wortel, loba, terong, labu kuning, labu siam, oyong, dll
16:42 31/08/2022
Hallo Kak Nur,,, Terimakasih sudah bertanya di Dietducate:
_Berikut makanan yg dilarang/tidak disarankan > Garam yang Berlebihan
Kadar natrium yang tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan penumpukan kalsium dalam urine.
periksa label pada makanan olahan untuk melihat berapa banyak kandungan natrium di dalamnya. Makanan cepat saji biasanya tinggi sodium, begitu juga makanan restoran. Pengidap juga perlu memperhatikan apa yang diminum. Beberapa minuman juga mengandung sodium yang tinggi.
_Protein Hewani yang Berlebihan > Banyak sumber protein, seperti daging merah, ayam, unggas, dan telur, meningkatkan jumlah asam urat yang dihasilkan tubuh. Makan protein dalam jumlah besar juga mengurangi zat kimia dalam urin yang disebut sitrat.
_Makanan Mengandung Oksalat > Makanan tinggi oksalat dapat meningkatkan pembentukan batu ginjal. Beberapa makanan yang tinggi oksalat, yaitu:
Coklat,
Bit,
Teh,
Bayam,
Ubi jalar.
_Minuman bersoda > karena tinggi kandungan fosfat. Zat kimia tersebut dapat mendorong pembentukan ginjal.
_Gula Tambahan > Gula tambahan adala gula dan sirup yang ditambahkan ke makanan dan minuman olahan. Menambahkan sukrosa dan fruktosa dapat meningkatkan risiko batu ginjal.
Dan berikut Makanan yang diperbolehkan/disarankan:
_ Karbohidrat > Gula, selai, sirup, permen, madu untuk menambah energi (suplemen), agar- agar, jelly.
_Lemak > Minyak jagung, minyak kacang tanah, minyak kelapa, minyak kedelai, minyak kelapa sawit, dan margarin rendah garam
_Sayur > Semua sayuran kecuali untuk pasien dengan heperkalemia.
_Buah > Semua buah kecuali untuk pasien hyperkalemia
_Bumbu > Bawang merah, bawang putih, lada, kunyit, jahe, ketumbar, salam, sereh, kayu manis, lengkuas.
Semoga Membantu 🙂
20:14 31/08/2022