[Anak Sekolah & Remaja]
anonim
Mungkinkah ketika kita mengonsumsi margarin/mentega yang cair, margarin/mentega tersebut dapat mengeras kembali di dalam tubuh?
11:34 26/03/2019
Muhammad Iqbal Basagili, S.Gz., M.P.H. (Nutr & Diet) ahligizi
halo kak terimakasih sudah berkonsultasi di AhliGiziID,
sebelumnya saya ingin menjelaskan bahwa perbedaan margarin/mentega adalah salah satu bentuk lain dari lemak. Lemak bisa berubah menjadi cair apabila suhunya tinggi, dan disebut dengan minyak.
proses metabolisme di dalam tubuh tidak sesederhana itu, jadi bentuk lemak apapun yang kita makan akan dimetabolisme oleh enzim pemecah lemak (lipase) menjadi asam lemak dan gliserol, yang mana keduanya itu memiliki sifat yang berbeda dengan lemak.
dan lemak sebelum dimetabolisme juga diemulsi/ saponifikasi oleh billirubin sehingga bisa bercampur dengan air. akan tetapi perlu diwaspadai, apabila konsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan penumpukan lemak di tpembuluh darah yang kemudian akan menyebabkan penyakit seperti stroke dan penyumbatan pembuluh darah lainnya.
semoga menjawab :-)
04:37 08/09/2019