[Masalah Berat Badan]
anonim
Mengapa berat badan saya tidak naik - naik sedangkan saya selalu makan. Hal apa yang menyebabkan BB saya tidak naik - naik?
12:28 16/09/2022
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hallo Kak,,, Terimakasih sudah bertanya di Dietducate: _Berikut beberapa di antaranya, 1. Genetik atau keturunan > Faktor keturunan atau genetik dapat membuat seseorang memiliki metabolisme cepat. Metabolisme berperan penting dalam pembakaran kalori di dalam tubuh. Hal inilah yang kemudian menyebabkan seseorang tetap kurus meski sudah mengonsumsi banyak makanan. 2. Terlalu banyak beraktivitas > Aktivitas fisik yang berlebihan bisa menjadi salah satu penyebab berat badan susah naik. Saat melakukan aktivitas fisik, tubuh membakar kalori lebih banyak. Jika aktivitasmu berlebihan, misalnya berolahraga terlalu berat atau terlalu sering, tubuhmu akan tetap kurus meski sudah mengonsumsi banyak makanan. 3. Menderita penyakit kronis > Penyakit berat yang terjadi dalam jangka waktu panjang dapat membuat berat badan kian turun. Contoh penyakit yang bisa menyebabkan seseorang menjadi kurus adalah infeksi tuberkulosis, diabetes, penyakit tiroid, AIDS, dan kanker. 4. Stres > Stres dapat memicu pola hidup yang kurang sehat, termasuk pola makan. Kondisi ini bisa saja menjadi penyebab kamu kesulitan meningkatkan berat badan. Beragam hal bisa menjadi penyebab stres, mulai dari krisis kepercayaan diri, masalah keluarga, hingga masalah pekerjaan. Selain itu, berat badanmu juga bisa sulit naik apabila sedang menjalani pengobatan tertentu, kecanduan alkohol, atau menggunakan obat-obatan terlarang. _Untuk menambah berat badan secara alami: 1.Menambah asupan kalori dari makanan sehat > Sebagai usaha awal, kamu tidak perlu terlalu banyak mengubah pola makan. Mulailah dengan meningkatkan jumlah asupan kalori dengan menambahkan bahan makanan tertentu. Misalnya menambahkan keju ke dalam roti, atau menambahkan kentang dan telur puyuh ke dalam sup ayam. 2. Penuhi kebutuhan nutrisi > Mencukupi kebutuhan kalori dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, seperti kentang, telur, alpukat, selai kacang, dan susu.  Kamu juga bisa menikmati camilan sehat di sela-sela waktu makan, misalnya roti, selai kacang, dan buah-buahan. 3. Makan dengan porsi kecil tapi sering > Orang yang kurus dan kesulitan menambah berat badan biasanya lebih mudah kenyang dan sering tidak menghabiskan makanan. Maka untuk menambah kalori, bisa membagi porsi makan menjadi lebih kecil, namun frekuensinya ditingkatkan menjadi 5−6 kali dalam sehari. Dengan menerapkan cara ini, bisa makan lebih banyak tanpa harus merasa kekenyangan. 4. Jangan minum terlalu banyak sebelum makan > Agar metabolisme tubuh optimal, kamu perlu mencukupi kebutuhan cairan dengan cara minum air putih minimal 8 gelas per hari. Namun, Jangan minum banyak air putih sebelum makan karena akan membuat kenyang, sehingga tidak nafsu makan. 5. Rutin berolahraga > Bukan hanya untuk menurunkan berat badan, olahraga juga penting untuk menambah berat badan,. Rutin berolahraga akan membantu meningkatkan massa otot, sehingga tubuh lebih bugar dan tampak berisi. Bisa melatih kekuatan otot dengan angkat beban atau melakukan olahraga renang, yoga, dan pilates. 6. Tidur berkualitas > Untuk menambah berat badan, pastikan  waktu tidur dan kualitas tidur terjaga dengan baik. Harus tidur 7–8 jam setiap harinya dan menghindari begadang. Tidur yang cukup bermanfaat untuk pertumbuhan otot-otot tubuh, sehingga dapat menambah berat badan. Semoga Membantu🙂
10:27 17/09/2022
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Jika masih ada yg mau ditanyakan silahkan chat dikolom chat ya kak...🙏
10:27 17/09/2022