[Diet Asam Urat]
sanaa Sasrianti
Bisa ka konsumsi sayur kelor setiap hari kak?
06:22 13/10/2022
Tri Wahyuni, S.Gz ahligizi
Terimakasih sudah mengunjungi aplikasi dietducate 🙏 Penyakit Asam Urat disebabkan oleh dua faktor utama yaitu Produksi asam urat yang berlebihan, dan Pengeluaran melalui urine yang tidak lancar seperti yang terjadi pada penderita penyakit ginjal. Produksi asam urat yang berlebihan disebabkan konsumsi makanan tinggi purin. Daun kelor dikenal sebagai herbal yang kaya akan vitamin seperti vitamin C-senyawa antioksidan sehingga mampu menurunkan stres oksudatif dan inflamasi yang berpengaruh terhadap penurunan sintesis asam urat. Selain vitamin, daun kelor juga mengandung senyawa flavonoid dan tanin. Senyawa kuersetin dari golongan flavonoid dapat menghambat aktifitas xantin oksidase sehingga dapat menghambat pembentukan asam urat. Selain itu penurunan kadar asam urat dapat melalui peningkatan urikase. Senyawa lainnya yaitu tanin, alkaloid, dan saponin. Ketiga senyawa itu berperan menurunkan kadar asam urat dengan mengurangi aktifitas enzim xantin oksidase dalam serum.  Jadi kesimpulan nya tidak ada salahnya untuk penderita asam urat mengkonsumsi daun kelor setiap harinya, tetapi jangan lupa diimbangi dengan makanan lainnya tentunya tetap berpegang pada prinsip diet rendah purin..
07:09 14/10/2022