[Lainnya......]
Angga Kristiandi
Dok saya mw bertanya masalah, akibat dari seringnya makan makanan terlalu cepat, dan masalah kebiasaan merokok setelah makan ?
20:45 08/11/2017
Muhammad Iqbal Basagili, S.Gz., M.P.H. (Nutr & Diet) ahligizi
Makan makanan terlalu cepat melibatkan mekanisme pencernaan makanan sejak makanan dimasukkan ke mulut hingga menjadi zat sisa yg akan dibuang. Sebaiknya makanan dicerna dengan perlahan dan hingga lembut, hal ini bertujuan agar makanan lebih lunak untuk dicerna oleh lambung dan usus. Selain itu, enzim2 pncernaan akan aktif secara optimal ketika makanan dikunyah dengan cukup (tidak cepat namun tidak lambat juga). Kira-kira beri waktu hingga 10 detik setiap sendoknya, lalu ditelan. Kemudian beri jeda setelah ditelan dengan suapan berikut nya kira-kira 5-10 detik.
Saya masih belum mendapatkan referensi ttg korelasi kebiasaan merokok setelah makan dgn outcome kesehatan. Namun banyak pendapat mengatakan merokok ketika makan meningkatkan reaksi radikal bebas dalam tubuh berkali-kali lipat.
Terima kasih
20:49 08/11/2017