[Bayi & Balita]
nimas wulandari27
Halo, sy punya anak umur 6 bln yg sdg perkenalan MPASI dgn menu lengkap, tapi sejak d berikan MPASI frekuensi BAB nya bisa sampai 5x/hari, menyusui ttp kuat dan anak masih aktif, apakah normal unk pemberian MPASI pertama seperti demikian?
20:50 07/12/2022
Agus Hendra Al Rahmad, AMG, SKM, MPH ahligizi
Pemberian MPASI pada anak yang berusia 6-9 bulan biasanya dimulai dengan memberikan makanan yang dicampur dengan ASI atau air susu formula. Makanan yang dapat diberikan pada usia ini bisa berupa puree sayuran dan buah-buahan, oatmeal, atau puding kacang-kacangan yang telah dikukus atau dipanggang. Ibu bisa juga memberikan makanan yg telah dicincang halus (seperti daging atau ikan yang telah diolah), atau kacang-kacangan yang telah dicincang dan dicampur dengan ASI atau air susu formula.
Hal yang paling penting diperhatikan adalah, pemberian MPASI pada anak harus hati-hati dan disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi anak. Selain itu, pastikan untuk selalu membersihkan tangan dan peralatan makan dengan benar, dan jangan lupa untuk memantau tanda-tanda alergi makanan yang mungkin muncul.
Terkait dengan frekuensi BAB anak, secara umum bervariasi tergantung pada usia, jenis makanan yang dikonsumsi, dan kebiasaan makan anak tersebut. Pada umumnya, anak-anak kecil yang menyusui eksklusif biasanya memiliki BAB lebih sering dibandingkan dengan anak-anak yang diberi air susu formula.
Anak-anak yang berusia 6-9 bulan umumnya memiliki BAB sekitar 3-5 kali per hari. Namun, jumlah ini bisa saja bervariasi tergantung pada individu dan faktor-faktor lainnya. Beberapa anak mungkin memiliki BAB lebih sering, sedangkan yang lain mungkin memiliki BAB lebih jarang. Hal ini merupakan hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan, asalkan anak tersebut tetap terlihat sehat dan tidak mengalami masalah kesehatan lainnya.
Namun paling penting ibu perhatikan adalah untuk memberikan makanan yang sehat dan bergizi bagi anak ibu, serta memperhatikan tanda-tanda perubahan pada BAB yang mungkin merupakan indikasi adanya masalah kesehatan.
Salam,
Agus Hendra AL-R
13:17 29/12/2022